Total Football

Arsenal Gigit Jari, Bidikannya Gabung Aston Villa

Pemain baru Aston Villa Emi Buendia. (F. Football London)

batampos.id – Raksasa London Arsenal terpaksa harus gigit jari. Ini setelah bidikannya resmi berseragam Aston Villa hingga lima tahun ke depan.

Aston Villa resmi memperkenalkan Emi Buendia sebagai rekrutan termahal klub senilai 35 juta Pound (USD 50 juta). Villamengalahkan Arsenal dalam transfer bintang Norwich City tersebut.

Pemain sayap Argentina ini meyapakati kontrak dengan Villa hingga 2026. Sekaligus mengakhiri masa tinggalnya selama tiga tahun di Carrow Road.

Advertisement

Sebelumnya Villa mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk mengontrak Buendia pada Senin pekan ini. Dan kepindahannya resmi setelah pemain sayap itu sukses menjalani tes medis pada Kamis.

Buendia, yang kerap dikaitkan dengan Arsenal di sepanjang musim 2020/21, menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di Villa Park. Ia akan segera bergabung dengan rekan satu timnya untuk memulai pramusim.

BACA JUGA: Arsenal Tak Lolos, All English Final Gagal Tercipta

“Emiliano baru saja menyelesaikan musim yang luar biasa di tim pemenang Championship Norwich dengan total 31 kontribusi baik itu gol dan assist. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik musim ini di seluruh liga,” sebut bos Aston Villa Dean Smith di laman resmi klub.

“Dia sama-sama piawai bermain sebagai penyerang sayap atau sebagai nomor 10 dan merupakan tambahan yang bagus untuk opsi menyerang kami. Kami senang telah melakukan perekrutan yang begitu menarik di awal musim panas dan berharap Emi bergabung dengan kami untuk menjalani pramusim penuh,” tuturnya kemudian.

Buendia pindah ke Carrow Road dari klub LaLiga Spanyol Getafe pada musim panas 2018. Ia memainkan peran kunci dalam membantu Norwich kembali ke Liga Primer sebagai pemenang Championship di musim penuh pertamanya di klub.

Sayang, pemain berusia 24 tahun itu tidak berdaya untuk mencegah The Canaries turun kasta pada tahun berikutnya. Tetapi masih berhasil menonjol di tim arahan Daniel Farke dengan menyumbang satu gol dan tujuh assist dalam 36 penampilan.

Norwich lantas melupakan kekecewaan dari kampanye papan atas mereka yang gagal untuk bangkit kembali musim lalu. Norwich sukses memenangkan gelar tingkat kedua sekali lagi, dengan Buendia mencapai level yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Pemain lincah ini mencetak 15 gol dalam 39 pertandingan selain menyumbang 16 assist lainnya. Jasanya diminati oleh beberapa klub termasuk Arsenal, namun Villa kini memenangkan perlombaan dan bisa menikmati servis si pemain di Liga Primer musim depan. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo