Total Football

Barcelona Wacanakan Rekrut Ilkay Gundogan

Gelandang tim nasional Jerman Ilkay Gundogan. (F. Odd Andersen/AFP)

batampos.id – Ilkay Gundogan memang tampil ciamik bersama timnya Manchester City. Gundogan berhasil membawa City juara Premier League dan runner-up Champions League.

performa apik Gundogan ini menarik minat sejumlah klub top Eropa. Diantaranya adalah Barcelona dan Bayern Muenchen.

Gundogan dikaitkan dengan kepindahan ke Camp Nou, namun ia masih memiliki kontrak dua tahun di Manchester City. Manchester City tidak memiliki rencana untuk menjual Ilkay Gundogan pada musim panas ini. Dan Gundogan tetap santai tentang situasi kontraknya, dilansir dari Goal.

Advertisement

Gundogan, yang finis sebagai topskor klub, masih terikat kontrak dua tahun lagi di Etihad Stadium. Hingga kini belum ada pembicaraan tentang perpanjangan masa kontraknya.

Barcelona, yang sudah merekrut Sergio Aguero dan Eric Garcia dari City dengan bebas transfer pada musim panas ini, disebut-sebut tertarik mendatangkan Gundogan.

BACA JUGA: Kalahkan Liverpool, Gundogan Minta Manchester City Tetap Fokus

Gundogan merupakan rekrutan pertama Pep Guardiola di City dan pemain asal Jerman itu menjadi bagian penting dalam kesuksesan The Citizens dalam memenangkan gelar Liga Primer Inggris pada musim 2020/21 dan perjalanan mereka menuju final Liga Champions.

Mantan gelandang Borussia Dortmund itu bergabung ke City pada 2016 dan menjalankan kontraknya hingga 12 bulan terakhir sebelum meneken perpanjangan pada 2019.

Pada musim lalu, Gundogan banyak berperan sebagai gelandang serang, dengan mencetak 17 gol, namun ia berpindah ke posisi gelandang bertahan ketika tim kalah 1-0 di tangan Chelsea di final Liga Champions di Porto.

City tampaknya tidak akan menjual Gundogan pada musim panas ini, apalagi Guardiola pernah menyatakan pada Maret lalu kalau gelandang berusia 30 tahun itu merupakan salah satu pemain paling cerdas yang pernah dilatihnya.

Sementara itu, Fernandinho akan kehabisan kontrak di akhir bulan ini, namun diskusi yang berkembang adalah perpanjangan satu tahun lagi untuk pemain berusia 36 tahun itu.

Setelah kalah di tangan Chelsea di kompetisi terakbar di Eropa, City diyakini akan aktif di bursa transfer, dengan Jack Grealish dari Aston Villa menjadi target utama. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo