Total Football

Cetak Dua Gol, Giroud Masih Keluhkan Supply Bola

Streiker Prancis Olivier Giroud. (F. Franck Fife/AFP)

batampos.id – Meski menang, tak semua pemain prancis merasa senang. Padahal dalam laga terakhir ujicoba pemanasan Euro 2020, Les Blues menang tiga gol tanpa balas.

Satu keluhan dilayangkan oleh striker gaek Olivier Giroud. ia merasa kurangnya servis yang diberikan rekan satu tim kepadanya. Padahal dalam laga itu Giroud mencetak dua gol.

Pria 34 tahun itu merobek jala Bulgaria dua kali di babak kedua untuk memastikan kemenangan Prancis. Sementara Karim Benzema harus ditarik sebelum setengah main lantaran cedera paha.

Advertisement

Meski begitu, Giroud merasa ia bisa mencetak lebih dari dwigol jika saja kompatriotnya menyerang dengan lebih baik dan efisien.

“Saya agak diam karena kadang-kadang saat saya belari, tidak ada bola terobosan yang datang,” ujar Giroud kepada L’Equipe pasca pertandingan.

“Bukannya saya selalu berlari dengan baik, tapi saya selalu mencoba menawarkan solusi di kotak penalti,” tambahnya.

“Dua bola cantik kreasi Ben Pavard dan Wissam Ben Yedder saya selesaikan dengan baik, namun kami bisa mencetak gol lebih banyak jika saja lebih efisien,” kata Giroud.

BACA JUGA: Prancis Hadapi Dilema Eksekutor Penalti

Banyak yang mengira Giroud menyindir Kylian Mbappe karena terlalu egois. namun sang pelatih Didier Deschamps dengan cepat meredakan dugaan tersebut.

“Selalu begitu,” ujar bos Prancis dalam sebuah konferensi pers. “Penyerang akan bilang: ‘saya berlari, tapi tugas gelandang untuk menyuplai saya’. Lalu para gelandang akan bilang bahwa itu salah si penyerang,” papar Didi, panggilan akrab Deschamp.

“Kadang-kadang memang umpannya tidak hadir, tapi kadang juga gara-gara pergerakan penyerang. Namun ini bukan kritik terhadap Mbappe atau siapa pun,” tambahnya.

“Saya berbicara dengan Mbappe saat turun minum,” imbuh Deschamps. “Karakteristik bermain Giroud tidak sama dengan Karim, ia seorang target man, seorang poros. Di babak pertama mereka bertiga (Benzema, Mbappe, Antoine Griezmann) bisa bekerja sama dan berakhir di zona mana pun,” tutupnya. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo