Metropolis

Halo Disdik Batam…, Verifikasi Data PPDB Masih Berjalan Lambat

batampos.id– Pelaksanaan PPDB tahun 2021-2022 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di Batam berjalan lambat. Hari ke empat pelaksanaan PPDB masih banyak orangtua yang belum menerima hasil verifikasi data dari sekolah. Ini tentu menjadi kekuatiran yang serius bagi orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya ke sekolah sebab belum ada kepastian status anak mereka dalam PPDB online tersebut.

BACA JUGA: Proses Verifikasi Data PPDB Lambat, Orangtua makin Gelisah

Samsir, warga kelurahan Tanjunguncang misalkan mengaku belum ada status verifikasi di laman PPDB yang diisi untuk sang anak sebelumnya. Dia sudah mendatangi sekolah yang ditujuh dan belum ada kepastian kapan berkas pendaftaran anaknya diverifikasi. “Katanya bersabar saja karena banyak berkas yang mau diverifikasi. Ini sudah hari keempat loh, saya daftar anak saya hari kedua karena hari pertama servernya tak bisa akses. Jadi kuatir saya,” ujarnya.

Advertisement

Kurang lancarnya proses PPDB ini dirasakan hampir semua orangtua yang mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri di Sagulung dan Batuaji. Meskipun berkas pendaftaran sudah masuk sejak hari kedua PPDB dibuka namun hingga siang kemarin mereka belum mendapat konfirmasi kalau berkas tersebut sudah diverifikasi dan lolos.

Pihak sekolah saat dikonfirmasi mengaku tengah berupaya keras menyelesaikan verifikasi semua berkas pendaftaran yang masuk. Karena ada gangguan sistem sebelumnya sehingga berkas menumpuk dan harus memakan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

“Sebagian sudah cuman karena berkas yang masuk sangat banyak jadi agak lambat. Proses verifikasi juga harus teliti karena sistem zonasi ini. Jarak dan data kependudukan harus diperhatikan betul sehingga memakan waktu memang untuk satu berkas,” kata Ketua panitia PPDB SDN 01 Sagulung Yulisen.

Selain masalah teknis dari server, penghambat lambatnya proses verifikasi adalah berkas pendaftaran yang tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan. Nah untuk berkas yang bermasalah ini tentu panitia PPDB harus menghubungi orangtua yang bersangkutan untuk segera memperbaiki data yang sesuai. “Kadang ada foto atau file (yang diupload) blur atau tak jelas. Ini kita suruh perbaiki. Begitu juga dengan pengisian peta lokasi tempat tinggal kadang salah. Ini yang membuat verifikasi berjalan lambat,” kata Yulisen.

Untuk itu pihak sekolah berharap agar pendaftar yang sudah mendaftar untuk kembali melihat berkas pendaftaran sehingga tidak menghambat petugas verifikasi nantinya. “Bagaimanapun petugas verifikasi juga terbatas jadi harap bersabar,” ujar Yulisen. (*)

REPORTER : EUSEBIUS SARA
editor: tunggul