Metropolis

Kegiatan Donor Darah di Vihara Budhi Bhakti Kumpulkan Lebih dari 100 Kantong Darah

batampos.id – Organisasi Persatuan Umat Buddha Indonesia Kota Batam menggelar aksi donor darah menyambut hari donor darah sedunia 2021 di Vihara Budhi Bhakti. Dari kegiatan sosial tersebut, terkumpul lebih dari 100 kantong darah.

Ketua panitia kegiatan donor darah, Suwarno, mengatakan, aksi donor darah ini merupakan bentuk metta (cinta kasih) dan karuna (kasih sayang) kepada sesama.

F. Dokumentasi PMI untuk Batam Pos
Kegiatan donor darah yang ditaja Persatuan Umat Buddha Indonesia Kota Batam di Vihara Budhi Bhakti, kemarin.

“Dalam ajaran Buddha, semua manusia derajatnya sama, sehingga apabila berbicara tentang nyawa, maka merupakan tanggung jawab kita sesama umat,” ujar Suwarno.

Advertisement

Menurut dia, dalam hidup ini ada senang dan ada duka. Sehingga, menjadi kewajiban kita sesama umat manusia membantu yang lain kala mengalami duka atau penderitaan. Karena biasanya, orang yang membutuhkan darah adalah yang sedang mengalami kesusahan, bisa karena sakit, kecelakaan, dan mungkin kesusahan lainnya.

”Tugas kita sesama umat, membantunya dengan memberi sumbangsih darah,” tambahnya.

Bhikkhu Pabhajayo dan Bhikkhu Vuddhiko Thera, juga ikut serta berpartisipasi mendonorkan darahnya, menunjukkan bahwa para pemuka agama turut perhatian terhadap stok darah yang minim di PMI Kota Batam.

“Aksi sosial kemanusiaan ini memang kegiatan perdana Permabudhi yang panitia pelaksananya berasal dari seluruh pengurus vihara di Batam dan disambut antusiasme masyarakat yang tinggi, harapannya aksi donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin untuk selanjutnya,” ucap pria asal Probolinggo ini.

Ditemui di lokasi, Ketua PMI Batam, Sri Soedarsono, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Persatuan Umat Buddha Indonesia Kota Batam yang telah menggelar aksi donor darah tersebut.

Melibatkan PMI Kota Batam, kegiatan dimaksud diharapkan dapat menambah stok kantong darah sehingga dapat membantu bagi siapa saja yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah tersebut terbuka untuk umum, dan tiap pendonor mendapat bingkisan beras 5 kilogram (kg) dan Nyonya Cang (makanan vege).

”Kegiatan ini terbuka untuk umum, dan berhasil mengumpulkan lebih dari 100 kantong darah,” tuturnya.

Turut hadir pula pengurus PMI Kota Batam, Asmin Patros, Rudi Tan, dan pengurus vihara se-Kota Batam. (*)