Metropolis

Proses Verifikasi Data PPDB Lambat, Orangtua makin Gelisah

batampos.id – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online untuk jenjang SD negeri yang tengah berjalan di Kota Batam, masih bermasalah hingga hari ketiga kemarin.

Proses verifikasi data PPDB yang masuk berjalan lambat dan dikeluhkan orangtua yang sudah mendaftarkan anaknya melalui situs web Disdik Kota Batam, http://ppdbbatam.id/.
Proses verifikasi tak kunjung selesai meskipun PPDB sudah memasuki hari ketiga. Banyak orangtua yang gelisah sebab belum ada kepastian apakah berkas pendaftaran anak mereka diterima atau tidak.

F. Cecep Mulyana/Batam Pos
Panitia PPDB SDN 010 Batam Kota tengah memverifikasi berkas calon murid yang melakukan pendaftaran secara online, Kamis (10/6).

”Hari pertama bermasalah dengan server untuk mendaftar. Hari kedua daftar bisa, tapi verifikasi data tak bisa. Hari ini (kemarin) juga masih belum diverifikasi. Jadi khawatir saya karena kuota daya tampung sekolah ini terbatas,” ujar Safri, pria yang mendaftarkan anaknya di SDN 01, Sagulung, Kamis (10/6/2021).

Advertisement

Hal senada disampaikan orangtua calon murid di Kelurahan Tanjungriau, yang mengaku belum bisa menerima hasil verifikasi data PPDB hingga siang kemarin.

Mereka juga khawatir anak mereka tak lolos seleksi PPDB tersebut. Karena itu, mereka berharap agar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam dan pihak sekolah secepatnya menyelesaikan persoalan ini.

Ketua panitia PPDB SDN 01 Sagulung, Yulisen, saat dikonfirmasi mengakui ada keterlambatan proses verifikasi data PPDB tersebut. Itu karena sistem verifikasi dari Disdik Batam baru aktif pukul 13.00 WIB pada Rabu (9/6/2021) lalu.

”Padahal yang mendaftar sudah berjubel, jadi memang agak lambat,” ujarnya.

Senada disampaikan Kepala SDN 13 Sekupang, Imam Rasyid, yang menuturkan bahwa pihaknya menerima banyak komplain dari warga sekitar karena lambatnya proses verifikasi.

”Makanya hari ini (kemarin) kami usahakan selesai. Karena sistem dari sana baru aktif kemarin siang,” ujarnya.

 

Operator Terbatas, Verifikasi Butuh Waktu

Dinas Pendidikan (Disdik) Batam sudah menambah tiga link pendaftaran online guna mempermudah orangtua dalam mendaftarkan anak-anak mereka. Saat ini, berdasarkan data terbaru, total pendaftar yang sudah diterima 8.202 calon peserta didik.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, mengatakan, setelah tiga hari dibuka, pendaftaran sudah mulai membaik. Panitia sudah membagi dua link baru guna mempermudah pendaftaran.

Adapun, dua link baru tersebut dapat diakses untuk pendaftar sesuai pengelompokan kecamatan. Untuk link, https://svr2.ppdbbatam.id, dapat diakses bagi pendaftar di wilayah Sagulung, Nongsa, Lubukbaja, dan Batuaji.

Sedangkan untuk link, https://svr3.ppdbbatam.id, diperuntukkan bagi pendaftar di wilayah Batam Kota, Bengkong, Seibeduk, Batuampar dan Sekupang.

”Untuk pendaftaran sudah tidak ada persoalan, dari target anak usia 6-7 tahun yang mencapai 12 ribu lebih, yang sudah terdaftar sudah berada di angka 8.202 anak,” kata dia, saat dijumpai usai menghadiri acara di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (10/6).

Hendri menjelaskan, setelah tahap pendaftaran, selanjutnya pihak sekolah akan melakukan tahap verifikasi. Proses ini cukup panjang, karena operator atau verifikator harus memverifikasi data seperti usia anak, jarak rumah, jalur yang dipilih, hingga kelengkapan berkas yang diunggah orangtua calon peserta didik.

Untuk satu sekolah memiliki dua sampai tiga operator sekaligus verifikator. Jumlah ini tidak sebanding dengan total berkas yang jumlahnya mencapai ratusan pendaftar.

Untuk itu, operator membutuhkan waktu untuk menyelesaikan verifikasi berkas calon peserta.

”Berkas yang sudah diverifikasi operator sekolah lebih kurang 20 persen dari total pendaftar,” sebutnya.

Hendri mengungkapkan, panitia PPDB juga melayani keluhan yang disampaikan orangtua.
Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ombudsman agar tidak ada hal yang dilewatkan selama PPDB ini. Adanya tambahan dua link pendaftaran, sudah memberikan dampak sangat baik.

”Alhamdulillah untuk saat ini sudah bisa daftar semua. Di hari ketiga kendala pendaftaran terselesaikan dengan baik. Tinggal verifikasi dan pengumuman hasil PPDB nanti,” tambahnya.

Ia menyebutkan, masih ada waktu hingga lima hari ke depan untuk pendaftaran siswa. Jadi, orangtua yang belum sempat mendaftarkan anaknya masih ada waktu.

”Kalau melihat hasil sementara, saya rasa sebelum waktu pendaftaran ditutup, semua calon peserta didik sudah masuk dan terdaftar semua,” imbuhnya.

Tambah Verifikator di Sekolah

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, mengatakan, PPDB untuk jenjang SD ini masih menyisakan beberapa hari lagi ke depan.

Namun, pihaknya tetap mengingatkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam untuk mengantisipasi dampak psikologis orangtua agar tidak timbul kekhawatiran karena lamanya proses verifikasi.

Bahkan, berpeluang menciptakan kerumunan jika orangtua sampai datang ke sekolah akibat pendaftaran online bermasalah.

”Kalau orangtua terlalu lama menunggu, hasil verifikasi belum diekspos karena belum selesai diverifikasi, maka potensinya akan tetap ada orangtua datang ke sekolah dan menimbulkan kerumunan,” katanya, kemarin.

Untuk itu, ia meminta Disdik Kota Batam agar segera mengeluarkan instruksi dan sosialisasi kepada sekolah untuk menambah petugas verifikator. Sehingga, proses pendaftaran PPDB online ini bisa berjalan dengan baik dan hasilnya bisa cepat diketahui oleh orangtua.

”Kalau sudah diverifikasi, nanti di sekolah akan ada peringkatnya. Peringkat pertama dari sisi jarak antara rumah ke sekolah,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Disdik Kota Batam yang telah menyelesaikan persoalan server yang sempat mengalami gangguan pada hari pertama.

Sehingga, Kamis kemarin pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat terkait adanya kendala dalam melakukan proses pendaftaran.

”Kita apresiasi terkait penyelesaian yang cepat diambil, kalau kemarin terkait dengan sistem server kemudian portalnya dibagi agar tidak crowded (ramai) di satu portal saja,” imbuhnya. (*)

 

 

Reporter : EUSEBIUS SARA, YULITAVIA, EGGI IDRIANSYAH
Editor : RATNA IRTATIK