Karimun

Sehari, 3 Pasien Probabel Covid-19 di Karimun Meninggal

Rachmadi (f.sandi/batampos.id)

batampos.id- Dalam sehari di Kabupaten Karimun, tiga warga meninggal dunia dengan satus probabel Covid-19. Warga yang meninggal tersebut sedang dalam perawatan medis.
”Tiga orang yang meninggal dunia dengan status probabel Covid-19 terjadi pada Rabu (9/6) yang berasal dari tiga kecamatan. Yakni, di Kecamatan Karimun, Tebing dan Kundur. Kita sebut sebagai probabel karena hasil rapid test antigen ketiganya positif. Hanya tinggal menunggu hasil swab PCR dari BTKLPP Batam,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun, Rachmadi, Kamis (10/6/2021).

BACA JUGA: Pasien Covid dari Teluk Bintan, Bintan Meninggal

Sebagai informasi, tambah Rachmadi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun ini, ketiga pasien probabel yang meninggal tersebut semuanya bergejala. Artinya, sudah memiliki riwayat penyakit bawaan. Sehingga, seperti yang pernah disampaikannya, bahwa jika terpapar Covid-19 dan kondisi fisik tidak kuat ditambah dengan penyakit bawaan yang sudah ada memang bisa berakibat fatal. Dan di dalam data yang ada, kasus kematian akibat Covid-19 yang tinggi itu disebabkan ada penyakit bawaan salah satunya penyakit gula atau diabetes melitus (DM).

Advertisement

”Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang memiliki penyakit untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya imun. Hindari tempat-tempat keramaian jika memang tidak ada berkepentingan. Begitu juga untuk masyarkat usia lanjut diharapkan untuk tetap berada di rumah. Selain itu, kita juga mengajak masyarakat untuk segera memvaksi diri sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19. Apalagi, saat ini vaksinnya gratis. Jangan termakan berita atau kabar yang belum tentu kebenarannya. Bila untuk mengetahui bisa atau tidaknya menerima langsung konsultasikan petugas kesehatan di Puskesmas dan rumah sakita,” ungkapnya.

Menyinggung tentang kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karimun, Rachmadi menyebutkan, laporan BTKLPP Batam yang diterimanya bahwa kasus terpapar cenderung mengalami penurunan. ”Secara global dalam tiga hari terakhir, yakni Selasa (8/6) sampai dengan Kamin (10/6) ada tambahan 163 kasus poisitif. Dengan rincian, pada Selasa 140 kasus, Rabu 11 kasus dan hari ini 12 kasus. Untuk tingkat kesembuhan pada hari yang sama juga banyak. Secara berurutan (Selasa, red) ada 183 orang. Sehari kemudian ada 10 orang dan hari ini 19 orang. Kasus aktif Covid-19 saat ini sebanyak 313 orang,” jelasnya. (*)

reporter: Sandi
editor: tunggul