Metropolis

Pembangunan Empat SMPN Tahap Lelang

batampos.id – Empat sekolah baru akan dibangun di tahun 2021 ini. Saat ini, pembangunan sekolah tersebut sudah masuk tahap lelang.

“Tahun ini kami bangun. Sehingga nanti tidak ada lagi sekolah yang menumpang,” kata Sekretaris Disdik Kota Batam, Andi Agung, saat ditemui di DPRD Batam.

Ia melanjutkan, jika pemenang lelang telah diperoleh, pembangunan gedung sekolah akan segera dilaksanakan. Diperkirakan, bulan Juli proses pembangunan sudah mulai dikerjakan.

Advertisementjudul gambar

“Saat ini dalam proses tahap lelang. Kemungkinan, proses lelang berakhir awal Juli. Jadi, pengerjaan bisa dilaksanakan,” beber Andi.

Ia menjelaskan, sekolah yang akan dibangun tahun ini yakni SMPN 59 Tembesi, SMPN 60 Sagulung, SMPN 62 Bengkong dan SMPN 63 Kabil. Selama ini, sekolah tersebut masih menumpang dengan bangunan sekolah lainnya.

Seperti, SMPN 59 masih menumpang di SDN 09 Seibeduk, SMPN 63 menumpang di SDN 011 Kabil, dan SMPN 62 menumpang di SDN 012 Bengkong.

“Kalau, SMPN 60 sebenarnya sudah punya gedung sendiri. Tapi hasil gabungan SDN 06 dan SDN 04,” kata Andi.

Ia menambahkan, selain sekolah baru, pihaknya juga merencanakan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di tingkat SD dan SMP. Dengan adanya pembangunan sekolah dan kelas baru itu, ia mengharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam penerimaan peserta didik baru.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Batam, Hendri Arulan, menambahkan, tahun ini ada pembangunan sekolah untuk mengakomodir peserta didik yang masih menumpang di sekolah lain. Sehingga, tahun ini sekolah tersebut punya gedung sendiri. Hal inilah yang menjadi permasalahan setiap tahunnya, daya tampung peserta didik tidak mencukupi.

“Saat ini masih ada sekolah yang menumpang. Kita berupaya agar sekolah tersebut punya gedung sendiri jadi tidak menumpang di sekolah lain,” ujar Hendri. (*)

 

 

Reporter : Eggi Idriansyah
Editor : RATNA IRTATIK