Nasional

Dian Putri Pemenang Kompetisi Film Pendek Animasi Kanwil Kemenag Kepri

Ketua Panitia Islamic Movie Competiton tingkat Provinsi Kepri Kanwil Kemenag Kepri, Muhammad Yunus (kanan), saat melaporkan hasil penilaian di hadapan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kepri dan dewan juri di hotel Golden View, Jumat (18/06). (Istimewa untuk Batam Pos)

batampos.id – Dewan juri menetapkan Dian Putri Manelsi sebagai pemenang pertama di ajang Islamic Movie Competiton tingkat Provinsi Kepri gelaran Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kepri. Penjurian yang dilaksanakan selama tiga hari, Kamis hingga Sabtu (17, 18 dan 19 Juni 2021) di hotel Golden View Kota Batam tersebut menghadirkan dewan juri dari tingkat pusat maupun daerah.

Dian Putri Manelsi tercatat mengumpulkan nilai total 424 dari hasil penilaian komulatif 5 dewan juri. Adapun judul film animasi yang diangkat yakni Milenial Sadar Halal. Sebelum ditetapkan sebagai pemenang, dewan juri terlebih duhulu menetapkan 3 besar yang berhak menjadi pemenang kompetisi ini.

Ketua Dewan Juri Nasional, Nurhayati mengatakan sebenarnya ada 7 film animasi pendek yang diterima panitia dan layak untuk dinilai dalam kompetisi tersebut, namun setelah diseleksi kembali tim dewan juri yang berjumlah 5 orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing, maka dewan juri memutuskan 3 film animasi yang layaknya untuk diputuskan sebagai pemenang satu hingga pemenang tiga.

Akhirnya, setelah hasil penilaian masing-masing dewan juri direkap, maka ketahui yang berhak menjadi pemenang pertama adalah Dian Putri Manelsi dengan nilai 424, kemudian disusul pemenang kedua Fathinah Al-Mudzakkirah dengan judul film Halal Itu Penting! dengan nilai 409, dan pemenang ketiga adalah Vita Rahayu dengan judul film Makna Sedekah dengan nilai 397. Adapun kriteria penilaian dibagi ke dalam empat hal,yakni kesesuain konteb atau isi dengan judul, kekuatan pesan, kreativitas dan teknis visualisasi/teknis animasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto (dua dari kiri)  foto bersama usai penetapan pemenang lomba Islamic Movie Competiton tingkat Provinsi Kepri di hotel Golden View, Jumat (18/06) . (istimewa untuk Batam Pos)

Penilaian yang digelar selama 3 hari itu juga turut disaksikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto dan Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Edi Batara.

Di saat penutup kegiatan Dr. H. Mahbub Daryanto mengatakan sangat berterima kasih kepada panitia yang sukses menggelar kompetisi film animasi islami ini, dan begitu juga dengan dewan juri sudah menilai dengan sebaik-baiknya. Ia berharap pemenang yang akan mewakili Kanwil Kemenag Kepri di tingkat nasional bisa menjadi pemenang juga nantinya. Mahbub juga mengharapkan ke depannya film yang dihasilkan bisa lebih baik lagi dengan tema yang berbeda.

Ketua Panitia Islamic Movie Competiton tingkat Provinsi Kepri Kanwil Kemenag Kepri, Muhammad Yunus mengatakan kegiatan kompetisi yang digelar rutin tahunan ini mengambil tema berbeda-beda tiap tahunnya. Untuk tahun ini, Kemenag mengajak kaum milenial untuk berkompetisi dengan membuat film pendek animasi tentang pentingnya sadaqah, ibadah dan produk halal, dengan tema “Aku Milenial dan Aku Sadar”.

Kompetisi ini melalui pihak Kanwil Kemenag Kepri membuka seluas-luasnya kepada anak-anak milenial untuk berkreasi ke hal-hal positif seperti pembuatan film animasi islam ini. Bahkan sejak Februari sudah mensosialisasikan kompetisi ini ke seluruh Kemenag se-Kepri dan juga sejumlah sekolah dan perguruan tinggi. Meski demikian, film animasi yang masuk ke meja panitia, sudah memenuhi standar peniliaan yang ditetapkan panitia Kemenag RI. (*)

Editor: Jamil Qasim