Total Football

Belanda Tekuk macedonia Utara, Wijnaldum Lesakkan Dua Gol

Selebrasi kapten Belanda Georginio Wijnaldum usai mencetak gol ke gawang macedonia Utara dalam laga pamungkas Grup C Euro 2020 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (21/6). (F. Kenzo Tribouillard/POOL/AFP)

batampos.id – Dua gol Georginio Wijnaldum sukses mengantarhan Belanda meraih kemenangan sempurna di fase grup. Dalam laga pamungkas Grup C, Belanda mengalahkan Macedonia Utara tiga gol tanpa balas.

Dalam laga yang digelar di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (21/6), skuad Oranje menutup fase pamungkas dengan status juara grup.

Tampil di hadapan publik sendiri, Belanda terlambat panas dan tertekan di awal. Ivan Trichkovski sempat membobol gawang Maarten Stekelenburg pada menit kesepuluh, namun gol Macedonia itu dianulir wasit karena offside.

Advertisementjudul gambar

Menit ke-22, Macedonia kembali mengancam kala tembakan Aleksandar Trajkovski mengenai tiang gawang. Belanda tak panik, karena dua menit berselang mereka membuka keunggulan lewat serangan balik cepat.

Adalah Memphis Depay yang mencatatkan namanya di papan skor usai bekerja sama dengan Donyell Malen. VAR sempat mengintervensi tentang adanya potensi pelanggaran terhadap Goran Pandev sebelum proses gol, tapi tetap mengesahkannya.

BACA JUGA: Kalahkan Austria, Belanda Amankan Tiket ke 16 Besar

Tertinggal satu gol, Macedonia yang memiliki daya juang tinggi beberapa kali membahayakan pertahanan Belanda. Hanya saja skor 1-0 bagi tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda tetap dengan gaya permainan oportunis mereka. Menit ke-51, mereka menggandakan keunggulan berkat sontekan kapten mereka Giorginio Wijnaldum.

Pemain baru Paris Saint-Germain itu mendapat ruang terbuka di mulut gawang Macedonia untuk menyambar umpan silang Depay yang menusuk dari kiri usai menerima operan manis dari Steven Berghuis.

Wijnaldum lagi-lagi mencetak gol bagi Belanda, tepatnya pada menit ke-58. Mantan penggawa Liverpool itu sukses menyambar bola tepisan kiper Stole Dimitrievski yang sempat menggagalkan aksi Depay.

Momen emosional terjadi di laga ini saat Pandev keluar lapangan dan digantikan oleh Tihomir Kostadinov pada menit ke-69. Kapten sekaligus legenda hidup Macedonia itu mendapat sambutan meriah dari rekan-rekannya sekaligus tepuk tangan seisi stadion.

Ini karena Pandev, yang berusia 37 tahun, telah memainkan laga internasional terakhirnya sebagai pemain. Sepanjang kariernya bersama Macedonia, sang striker veteran telah mencatatkan total 122 penampilan dan 38 gol.

Setelah ini, Belanda akan tampil di Budapest dalam pertandingan babak 16 besar mereka pada 27 Juni mendatang, sambil menunggu lawan mereka yang berasal dari peringkat ketiga Grup D/E/F. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo