Total Football

Finlandia Kalah, Berkah bagi Sejumlah Kontestan Euro

Pemain belakang Finlandia Paulus Arajuuri memberikan salam perpisahan pada suporter usai laga pamungkas Grup B di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Selasa (22/6). (F. Kirill Kudryavtsev/POOL/AFP)

batampos.id – Kekalahan Finlandia atas Belgia juga membawa berkah bagi peringkat tiga grup A, Swiss. Dengan kekalahan Finlandia, Swiss akhirnya lolos ke babak 16 Besar dengan status tiga besar terbaik.

Di fase grup, Swiss finis di urutan ketiga Grup A dengan koleksi empat poin. Xherdan Shaqiri dkk berhak menempati satu dari empat slot peringkat ketiga terbaik yang lolos ke fase gugur.

Dari enam grup yang ada, Grup A, B, dan C sudah menyelesaikan keseluruhan pertandingan. Finlandia finis ketiga di Grup B dengan hanya tiga poin, begitu pula dengan Ukraina di Grup C yang dikejutkan Austria beberapa jam sebelumnya.

Advertisementjudul gambar

Swiss akan menghadapi antara Belgia yang lolos sebagai juara Grup B, atau juara Grup E atau F, yang akan dipastikan pada Kamis (24/6) dini hari WIB.

Tak hanya itu, kekalahan Finlandia turut memastikan laju sejumlah tim ke babak 16 besar. Salah satunya Inggris di Grup D yang telah mengumpulkan empat poin.

BACA JUGA: Tundukkan Finlandia, Belgia Catatkan Kemenangan Sempurna

Pada laga pamungkas, skuad Si Tiga Singa akan menghadapi Republik Ceko, yang juga telah dipastikan lolos, dalam tajuk perebutan juara grup di Wembley, Rabu (23/6) dini hari WIB.

Sementara dua tim lain yang juga dipastikan lolos “tanpa menendang bola” lantaran sudah mengemas empat poin adalah Swedia di Grup E dan Prancis di Grup F. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo