Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Dorong Percepatan Penyaluran Dana Hibah Pariwisata

ILUSTRASI: Rumah Gadang adat Minangkabau Sumatera Barat di TMII, f. wikiwand.com

batampos.id – Pemerintah terus mendorong percepatan penyaluran dana hibah pariwisata. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya mitigasi dari dampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat oleh pemerintah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penyaluran dana hibah pariwisata termasuk juga bantuan insentif pemerintah serta bantuan sosial lainnya rencananya akan disalurkan di kuartal ketiga 2021.

Sehingga dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan ke depan, dana sosial tersebut diharapkan dapat segera didistribusikan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat membutuhkan.

“Kita ingin lakukan percepatan, ada 3,4 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan penghidupannya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Kamis (1/7).

Tak hanya itu, Sandiaga juga mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memanfaatkan digitalisasi. Bukan hanya sebatas berjualan online, tetapi juga menciptakan konten-konten kreatif.

BACA JUGA: Dinas Pariwisata Batam Belum Terima Info Resmi Soal Singapura Anggap Covid sebagai Flu Biasa

“Harapan kami adalah konten-konten ini bisa membangkitkan kembali kesiapan kita pasca pandemi,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga berharap, percepatan penyaluran dana hibah dan digitalisasi dari Kemenparekraf bisa tepat sasaran dan membantu para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit.

“Kebijakan yang kami hadirkan adalah kebijakan yang berkeadilan, menyentuh masyarakat yang membutuhkan dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” kata Sandiaga. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung