Bintan-Pinang

Pemerintah Desa Lancang Kuning Bagikan 456 Paket Vitamin, Madu, dan Jamu untuk Warganya

Kades Lancang Kuning, Cholili Bunyani bersama Danramil 03/Bintan Utara Kapten Inf Suherman dan Bhabinkamtibmas Bripka Suprianto menyerahkan paket berupa vitamin, madu dan jamu secara simbolis ke perwakilan masyarakat di Kantor Desa Lancang Kuning, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (13/7) siang. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Pemerintah Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan membagikan 456 paket berupa vitamin, madu, dan minuman jamu ke masyarakat. Penyerahan paket di tengah pelaksanaan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA: Berikan Bantuan Sembako untuk Warga

Diserahkan secara simbolis oleh Kades Lancang Kuning, Cholili Bunyani bersama Danramil 03/Bintan Utara Kapten Inf Suherman dan Bhabinkamtibmas Lancang Kuning Bripka Suprianto mewakili Kapolsek Bintan Utara Kompol Suharjono ke perwakilan masyarakat di Kantor Desa Lancang Kuning, Selasa (13/7) siang.

Advertisementjudul gambar

Kades Lancang Kuning, Cholili Bunyani mengatakan, ini salah satu kontribusi pemerintah desa ke masyarakat dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh di tengah lonjakan kasus covid-19.

Dia mengatakan, program bantuan vitamin, madu dan jamu sudah lama direncanakan pemerintah desa yang dialokasikan dalam anggaran dana desa.

“Pembagiannya akan dilakukan dari rumah ke rumah, jadi masyarakat tidak perlu berkumpul di kantor desa,” ujarnya. Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan virus mudah menyerang karena kondisi tubuh yang sedang lemah.

Karenanya, menurut Cholili, vitamin, madu dan jamu sangat berkhasiat untuk meningkatkan imun masyarakat yang kondisinya lemah. “Bantuan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun sehingga tubuh siap melawan serangan virus yang datang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Cholili juga mengimbau satgas dan relawan penanganan covid Desa Lancang Kuning yang terpapar covid-19 ketika turun menyosialisasikan program pemerintah dalam menekan laju kasus di lapangan untuk tenang dan tidak panik.

“Sesibuk apapun terlebih di kondisi sekarang yang lebih sering hujan, saya harapkan tetap tenang, jangan panik dan semangat. Jangan lupa mengonsumsi vitamin, minum air hangat dan air rebusan jahe dicampur gula merah, garam dan air,” ujarnya.

Cholili juga mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan antara lain memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Yang penting dalam pelaksanaan PPKM Mikro bagaimana masyarakat mengurangi bepergian sehingga penyebaran covid dapat ditekan,” imbuhnya.

Sementara Danramil 03/Bintan Utara Kapten Inf Suherman mengatakan, perkembangan kasus covid-19 khususnya di Kabupaten Bintan yang telah ditetapkan zona merah sangat tinggi.

Dikatakannya juga, sejak Senin (12/7) Tanjungpinang dan Batam diberlakukan PPKM darurat. Sedangkan Bintan berstatus PPKM mikro. Namun demikian, dia mengatakan, perjalanan ke Batam dan Tanjungpinang lebih diperketat.

“Kalau ada rencana perjalanan ke Batam atau Tanjungpinang sebaiknya mengurus surat izin dari instansi tempat kerja dan sudah vaksin karena banyak dilakukan penyekatan jalur jalan. Kemudian, kalau belum bisa menunjukkan surat vaksin akan diarahkan putar balik,” ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat terlebih sekarang sudah ada varian baru covid-19. “Disarankan memakai masker dobel, selain masker medis dilapisi masker kain,” ujarnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul