Ekonomi & Bisnis

Review Tecno Spark 7 Pro, Nge-game di Layar 90 Hz

Tecno Spark 7 Pro mengunggulkan layar dengan refresh rate 90Hz, kamera 48 megapiksel, dan baterai 5.000 mAh. f. ISTIMEWA

batampos.id – Pasar ponsel di kelas low end sangat padat. Banyak pabrikan yang mengeluarkan ponsel hemat untuk bersaing di harga Rp 1,8 jutaan. Lantaran pesaingnya banyak, masing-masing pabrikan mencoba memberikan keunggulan yang unik. Baik dari sisi desain, atau spesifikasi yang ditawarkan.

Begitu juga dengan Tecno. Pabrikan baru yang mulai masuk pasar Indonesia pada akhir 2020. Salah satu ponsel yang diandalkan untuk bertarung diketatnya pasar low end adalah Spark 7 Pro. Sponsor Manchester City itu mengunggulkan layar dengan refresh rate 90Hz, kamera 48 megapiksel, dan baterai 5.000 mAh.

Desain
Ponsel ini punya layar 6,6 inch dengan berat 193 gram yang dibalut degan body berukuran 164,9mmx76,2mmx8,8mm. Desain triple kameranya menarik karena berbeda dengan pabrikan lainnya. Apalagi, ada aksen tersendiri sehingga mengesankan dua warna meski senada.

Advertisementjudul gambar

Untuk lokasi fingerprint masih seperti ponsel pada umumnya yang diletakkan di bagian belakang ponsel. Bagi yang suka audio jack, port 3,5 mm masih dipertahankan. Letaknya ada di bawah. Berbagai lokasi dengan mic, speaker, dan port micro USB untuk data dan charger. Sedangkan di sisi kanan, ada tobol power, volume up dan volume down.

Dari sisi layar, Tecno menyematkan teknologi IPS dengan DOT in Display. Resolusinya hanya 720×1600 pixel. Tergolong rendah memang. Tapi, nanti ada bahasan sendiri kenapa resolusi ini justru menguntungkan untuk bermain game meski mengorbankan detil gambar.

Selain itu, kamera depan yang terletak di sebelah kiri terkesan cukup besar. Resolusinya 8 MP. Menariknya, ada LED notifikasi.

Performa
Ponsel ini dibekali Prosesor Helio G80 yang dikawinkan dengan pengolah grafis GPU Mali-G52. Tecno Spark 7 Pro menyematkan RAM 6 Gb dengan penyimpanan 64 Gb. Semua itu lantas dibalut oleh HiOS yang berbasis Android 11.
Hasil ketika diujicoba dengan aplikasi benchmark seperti Antutu adalah 204028. Sedangkan Wild Life Stress 3D Mark, skornya best loop adalah 695 dan terendah 691 dengan tingkat stabilitas 99,4%.

BACA JUGA: Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021, Tingkatkan Kemampuan, Dorong Gamer Indonesia

Hasil Antutu Tecno Spark 7 Pro
Secara spesifikasi, kemampuan Tecno Spark 7 Pro dalam mengolah game bisa jadi dianggap sebelah mata. Namun, saat mencoba berbagai game populer seperti PUBG, Genshin Impact, dan Mobile Legends, masih bisa mendapatkan FPS tinggi meski pengaturan grafisnya tidak yang terbaik.

Saat bermain PUBG misalnya, dengan pengaturan bawaan, masih bisa mendapatkan 59 FPS. Pengaturan itu meliputi grafis pada HD, dan Frame Rates diset High.

Sedangkan Genshin Impact, bisa mendapatkan 90 FPS. Sama seperti PUBG, saat uji coba tidak mengubah pengaturan apapun. Mengikuti setting default yang disarankan oleh ponsel ini.

Bagaimana dengan Mobile Legends? Saat bermain game ini juga mendapatkan 90 FPS. Setting default yang merujuk pada pengaturan grafis tinggi. Dipadu dengan koneksi internet yang kencang, bermain game online ini menjadi nyaman. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung