Zetizen

Ukir Prestasi di Dunia Catur

Batampos.id – KEMAJUAN teknologi membuat anak muda lebih tertarik dengan permainan digital. Akibatnya, minat generasi milenial terhadap permainan nondigital seperti catur mulai berkurang. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Salwa Tsania Afifah, atlet catur asal Kotamobagu, Sulawesi Utara. Tidak hanya menyukai catur, atlet satu ini juga meraih banyak prestasi, lho. Yuk kenalan dengan atlet berprestasi ini!

Salwa Tsania Afifah mengenal catur sejak usia 5 tahun. Baru ketika duduk di kelas IV SD, dia mulai serius berlatih dan mengikuti pertandingan catur. ”Tante yang mengenalkan dan mengajariku catur. Aku sendiri senang sekali dengan olahraga ini. Soalnya, kita dilatih untuk menganalisis dan memecahkan problem dalam catur,” tutur atlet yang akrab disapa Salwa itu.

Keseharian Salwa sama dengan remaja lainnya, pergi ke sekolah, belajar, dan bermain. Tentu dengan menyisihkan waktu untuk berlatih dan bertanding. Dia pun membuat jadwal sehingga bisa menentukan prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tugasnya. ”Dulu sewaktu tanding, hampir setiap ujian sekolah harus susulan. Jadi harus ekstra belajar dan nggak boleh menunda,” kenangnya.

Advertisementjudul gambar

Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bagi Salwa adalah ketika berhasil meraih juara 2 dalam pertandingan catur perorangan tingkat wanita umum. ”Saat itu aku diremehkan karena masih SMP. Bahkan, aku sampai nangis karena orang-orang nggak yakin aku bisa masuk 3 besar, hehe. Ternyata aku malah meraih juara meski lawannya mahasiswa,” ungkap Salwa. Hal itu membuktikan siapa saja bisa menang asal percaya diri dan bisa mengatasi rasa takutnya. Jadi, jangan ambil pusing dengan perkataan orang lain yang meragukan kamu, ya!

”Menurutku, tantangan apa pun yang aku hadapi akan selalu bisa memberikan pelajaran tersendiri dan membuatku bergerak lebih maju. Intinya selalu berusaha, berani, dan tetap kuat untuk menghadapi tantangan yang ada,” pesan Salwa.

Nggak cuman aktif di dunia catur, atlet asal SMAN 1 Kotamobagu tersebut juga mengikuti organisasi dan perlombaan lainnya, lho! Ketertarikannya dalam memperjuangkan hak dan partisipasi anak mendorong Salwa turut aktif dalam organisasi Forum Anak Nasional (FAN). FAN adalah sebuah organisasi yang dibina Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk menjembatani komunikasi pemerintah dan anak-anak di seluruh Indonesia. Salwa juga pernah menjuarai lomba pidato bahasa Inggris dan baru saja terpilih menjadi salah satu model di majalah remaja.

”Hal yang mendorongku untuk terus berkarya adalah diriku sendiri. Karena aku sadar, sebagai generasi muda, aku harus bisa memajukan Indonesia dengan berkarya dan memaksimalkan potensi yang aku miliki,” ungkapnya.

Penghargaan yang diterima Salwa adalah bonus dari kerja kerasnya. Bagi Salwa, yang terpenting adalah setiap proses dan pengalaman yang dilewatinya. Dia berharap bisa menginspirasi anak muda di sekitarnya untuk berkarya dan memaksimalkan potensi diri.

FORUM: Salwa bersama 250 pelajar dari seluruh Indonesia berkesempatan untuk berdiskusi dan memberikan masukan untuk kemajuan pelajar Indonesia.”Setiap kita terlahir dengan potensi yang berbeda dan tugas kita adalah mengembangkan potensi tersebut. Untuk anak muda di luar sana, semangat meraih cita-cita dan berkontribusi untuk Indonesia!” (elv/c12/lai)

UNTUK bisa menguasai permainan catur, pemain membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Pemain catur harus memiliki strategi dan skill problem solving yang harus dilatih terus-menerus agar bisa mengalahkan lawan. Kalau kamu tertarik untuk menjadi atlet catur, simak tip bermain catur dari atlet catur Salwa Tsania Afifah berikut! (elv/c12/lai)


Tujuan utama dari bermain catur memang untuk sekakmat raja lawan, tetapi pasti banyak bidak catur lainnya yang menghalangi. Kita harus bertukar bidak untuk menyerang pasukan lawan dan bertahan. Nah, biar nggak salah langkah, kita perlu memahami nilai dan menghitung pertukaran tersebut. Misalnya, pawns (pion) bernilai satu, knights dan bishops (kuda & gajah) yang bernilai tiga, rooks (benteng) bernilai lima, dan queen (ratu/menteri) bernilai sembilan. Ingat, jangan mengorbankan bidak yang bernilai tinggi untuk mendapatkan bidak lawan yang nilainya lebih rendah.


Mempelajari chess opening akan melatih strategi kita dan membantu kita menyimpan energi untuk middle game dan endgame. Sebab, tanpa chess opening yang baik, kita akan menghabiskan waktu di middle game untuk memperbaiki kesalahan yang kita buat di pembukaan. Ada beberapa chess opening yang bisa kamu pelajari, antara lain, Gambit Openings, Flank Openings, dan French Defense.


Jam catur digunakan saat pertandingan untuk membatasi waktu pikir pemain agar pertandingan bisa berjalan tepat waktu. Waktu bermain catur akan memengaruhi strategi dan kalkulasi kamu, lho! Meski masih pemula, biasakan bermain catur dengan jam. Luangkan waktu untuk berlatih dengan jam dan memahami bagaimana jam dapat memengaruhi hasil permainan kamu.

 

“Paham Bermain Catur”

Reporter : Sonia Novi
Editor : Agnes Dhamayanti

UNTUK bisa menguasai permainan, pemain catur pasti membutuhkan kesabaran dan fokus yang sangat teliti. Jika banyak sekali tantangan dari orang sekitar maka pemain juga pastinya akan blank. Wah kok gitu ya? Banyak juga pemain catur ini jika sedang bermain harus di tempat yang nyaman atau sunyi. Yang gunanya agar pemain fokus. Penasaran seperti apa sih agar anak millenial paham akan bermain catur ini? Yuk simak! (*)

F. Dok Pribadi

Kouzi Melanton
Politeknik Negeri Batam
@kouzimelanton96

Menurut aku ”paham bermain catur” itu bukan hanya tentang bisa memainkan permainan catur tetapi bagaimana kita juga mengelola mental dan pikiran agar tetap fokus pada saat permainan sedang berlangsung. Karena pada intinya untuk paham bermain catur itu kita harus bisa memikirkan langkah kita sendiri dan juga langkah musuh sekaligus, sabar, dan juga teliti di setiap langkahnya untuk bisa memenangkan permainan. (*)

F. Dok Pribadi

Manase Toti Aritonang
Politeknik Negeri Batam
@manasetoty

Menurut saya sih, fokus bermain catur tergantung pribadi masing-masing sama seperti proses belajar ada yang suka yang sunyi ada juga yang suka sambil denger musik dan ada juga yang suka belajar kelompok. Jadi pasti setiap pemain catur ada tingkat konsentrasinya masing-masing. (*)