Zetizen

Let’s Create the Reels!

Batampos.id – INOVASI dan pengembangan terus dilakukan aplikasi media sosial Instagram. Terbaru, fitur Instagram reels sudah bisa dinikmati di Indonesia sejak rilis pada 23 Juni 2021. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek berdurasi hingga 15 detik dengan latar musik populer. Nanti video itu dapat dibagikan ke teman, pengikut, bahkan nonfollowers juga bisa menemukan kreasi video yang kamu buat.

Disebut hampir mirip dengan aplikasi TikTok, reels juga memungkinkan pengguna untuk menuangkan kreativitas melalui serangkaian fitur yang tersedia. Ada fitur pengeditan, pengaturan timer, pengaturan kecepatan, efek AR, hitung mundur, hingga berkolaborasi melalui fitur remix. Konten reels juga bisa menggunakan potongan klip video dengan menambahkan audio asli maupun lagu yang tersedia di galeri musik, lho. Kamu sudah mencobanya? Yuk, kita dengar dulu pendapat Zetizen terkait fitur baru ini! (arm/c12/lai)

Advertisementjudul gambar

 

Aku termasuk orang yang menantikan fitur itu! Sekilas memang mirip dengan TikTok, tetapi menurutku yang ditawarkan reels lebih beragam dan aku lebih bisa berkreasi dalam konten yang mau aku posting. Yang paling aku suka itu karena penggunaannya simpel, friendly user, dan kita nggak perlu ribet lagi buat edit pakai aplikasi lain untuk nambahin lagu. Namun, karena fiturnya banyak seperti feed, Insta story, live Instagram, dan reels, aku jadi agak bingung sih mau post di mana, haha. It’s okay, mungkin karena belum terbiasa juga kali ya.

 

Menurutku, Instagram ini termasuk media sosial yang mungkin nggak mau kalah ya. Karena kebanyakan fiturnya diadaptasi dari media sosial lain dan terkesan pengin all-in-one gitu. Namun, lebih efisien dan memudahkan juga sih buat pengguna karena bisa lihat fitur yang sama dalam satu aplikasi. Sejak ada fitur reels, aku sendiri jadi jarang buka TikTok karena kualitas videonya lebih bagus meski dengan ratio 9:16. Tren reels yang muncul juga akan menyesuaikan dengan explore kita. Well, saat ini aku antusias sebagai penikmat aja sih, belum sebagai pengguna.

 

Aslinya aku tertarik sama fitur terbaru Instagram itu, cuman karena dari awal rilis banyak banget yang pakai, akhirnya aku bosan melihatnya.So, aku jadi biasa aja dan nggak terlalu tertarik buat mencoba. Apalagi, fitur reels itu udah sering aku lihat di TikTok, jadi nggak ada sensasi barunya sama sekali. Walaupun itu sebuah bentuk inovasi, aku pribadi kurang suka aja karena kemiripannya tadi. Padahal kan bisa memunculkan fitur yang baru atau memperbaiki fitur yang lama.

 

Bisa dibilang sama kayak TikTok ya. Dilihat dari banyaknya repost-an TikTok di Instagram, nggak heran kalau ada inovasi baru berupa reels ini. Pasti kan tujuannya biar pengguna nggak bosan dan ninggalin Instagram. Lagian, fitur reels ini bisa membantuku lebih kreatif dan atraktif sama konten yang aku buat. Seru sih dan aku pribadi enjoy sama fiturnya.

 

“Berinovasi dengan Fitur Reels Instagram”

Reporter : Diella Marfika Tama
Editor : Agnes Dhamayanti

Suka Tik-Tokan? Nah, sekarang di IG juga bisa buat konten seperti itu. IG juga melakukan pengembangan dan berinovasi. Yakni dengan memunculkan fitur Reels IG yang menarik. Wah seperti apa sih? Yuk simak tanggapan anak millenial terkait kegunaan fitur Reels IG ini! (*)

F. Dok. Pribadi

Rina Rifkiyanti
SMAN 3 Tebo Jambi
@rhinnarifki

Menurut pendapat saya dengan adanya fitur Reels yang dikeluarkan oleh Instagram memberikan panggung lebih besar bagi para kreator dalam membagikan video mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka yang dibuat dan tanpa harus ribet buka banyak aplikasi.(*)

 

F. Dok. Pribadi

Dian Putri Oktavia
Universitas Riau
@dianputrioktavia

Menurut saya, fitur Reels pada Instagram memiliki kesamaan dengan sosial media Tiktok. Dan fitur ini sangat memungkinkan pengguna IG lebih cepat populer apalagi kalau mengatur Reels menjadi publik sehingga akun Reels pengguna bisa ditemukan secara luas.(*)

 

 

F. Dok. Pribadi

Endi Afrian Saputra
UPN VETERAN Yogyakarta
@endiafriannnn_

Instagram atau media sosial anak milenial telah membuat heboh dengan adanya fitur baru di Instagram yaitu Reels IG, yang mana kita tahu sama seperti aplikasi sejuta umat apa lagi kalau bukan Tik Tok.

Instagram menyediakan fitur terbaru ini agar orang-orang dapat membuat video kreatif mereka atau mengabadikan momen mereka dengan musik yang tersedia di fitur tersebut, kalau dilihat pun tidak jauh beda kegunaan nya dengan Tik Tok,dan sepertinya Instagram tidak akan berhenti sampai disini saja untuk berkembang dan akan terus berusaha mempertahankan peringkat pertamanya menjadi media sosial no 1 di dunia.(*)