Nasional

Manfaatkan Teras Kapal, BRI Sukseskan Vaksinasi di Kepulauan Anambas

Inilah Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang dimanfaatkan BRI sebagai sarana transportasi untuk melakukan vaksinasi di Tanjungpinang dan pulau-pulau seperti Kepulauan Anambas. (Dokumen BRI)

batampos.id –

batampos.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara langsung ikut menyukseskan program vaksinasi pemerintah untuk, menekan penyebaran virus Covid-19 dan mempercepat tercapainya herd immunity.

Melalui Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pekanbaru, BRI memanfaatkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III, sebagai sarana transportasi tenaga kesehatan untuk melakukan vaksinasi di Tanjungpinang.

Advertisementjudul gambar

Melalui kegiatan vaksinasi yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan tersebut, berawal dari Pulau Bayat pada Jumat (9/7/2021) dengan jumlah peserta vaksinasi 20 orang.

Kemudian dilanjutkan ke Desa Mengkait pada Sabtu (10/7/2021), sejumlah 328 orang vaksinasi, dengan waktu vaksinasi lebih kurang tujuh jam setiap daerah.

Peserta vaksinasi merupakan masyarakat, termasuk pegawai pemerintahan, TNI AL Lanal setempat, dan tenaga kesehatan yang merupakan ujung tombak layanan kesehatan di sana.

Dukungan BRI untuk menyukseskan program vaksinasi, tidak hanya dalam pemanfaatan Teras Kapal, namun juga bantuan masker, hand sanitizer, face shield, dan alat pelindung diri (APD) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ini diperlukan upaya dari berbagai pihak, untuk membantu pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi masyarakat termasuk oleh BRI. Teras Kapal kita kerahkan, karena bisa menjangkau masyarakat hingga ke pulau-pulau. Salah satunya di Kepulauan Anambas” ungkap Pemimpin Wilayah BRI Pekanbaru, Mochammad Suratin.

Teras BRI Kapal Bahtera Seva III sebagai sarana transportasi membawa vaksin, obat-obatan, tenaga kesehatan bahkan sebagai wadah untuk melakukan vaksinasi ini.

Selain di Pulau Bayat dan Desa Mengkait, BRI telah mengerahkan Teras Kapal  tersebut untuk mempercepat proses vaksinasi di pulau lain.Pulau tersebut antara lain terletak di Kepulauan Anambas, Seperti Desa Lingai, Desa Telaga Kecil, Desa Telaga Besar, Desa Keramut, dan Desa Letung dengan target ratusan peserta vaksinasi.

Melalui kegiatan tersebut, BRI memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat secara khusus, dan bangsa Indonesia pada umumnya. Terutama di masa sulit seperti saat ini, BRI mengoptimalkan segala kemampuan yang ada demi bangsa dan negara.

Hal ini menjadi bukti bahwa keberadaan BRI tidak hanya memberikan economic value semata. “Namun, juga social value, utamanya bagi masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) yang sulit dijangkau oleh banyak pihak,” ujar Suratin.

Suratin mengungkapkan, vaksinasi merupakan salah satu hal penting agar Indonesia bisa segera ke luar dari pandemi.

Sebelumnya, perseroan telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi gotong royong dalam rangka mempercepat herd immunity sekaligus melindungi pekerja BRI dan keluarganya. (*)

Reporter: Anwar Saleh
Editor: Jamil Qasim