Properti

Membesarkan Keluarga Aroid Jangan Cacah dan Pisah Anakan

Monstera Brazilian koleksi kebon Forest.Ku di Surabaya Barat yang memiliki dua bonggol buah. f. ANGGER BONDAN/JAWA POS

batampos.id – Tanaman hias dari famili Aroid –seperti Monstera, Philodendron, sampai Aglaonema– tengah naik daun. Dengan perawatan yang baik, tanaman hias berdaun cantik itu bisa berumur panjang. Segar dan lebat, tetapi tetap mudah dirawat.

Monstera Adansonii hampir setinggi orang dewasa. Kuping Gajah dengan batang bunga melebihi 1 meter. Aglaonema, rumpunnya memenuhi pot setinggi pinggang. Hingga Monstera Brazilian, yang kini memiliki dua bonggol buah. Usianya terbilang tak ”muda”, sebagian besar berumur lebih dari dua tahun. Tanaman-tanaman ”giant” itu tidak tumbuh di tempat bercuaca sejuk seperti Lembang atau Batu, tetapi di kawasan Lakarsantri, Surabaya.

Menurut Nisha Yaman, merawat tanaman di tempat bercuaca panas butuh sedikit penyesuaian. ”Aroid termasuk tanaman hias yang suka di tempat teduh. Butuh kena sinar matahari di pagi atau waktu sore aja, enggak perlu seharian,” kata staf kebun Forest.Ku itu.

Advertisementjudul gambar

Bila diletakkan di dalam ruangan, dia menyarankan tanaman dijemur seminggu sekali di sekitar pukul 08.00-10.00. Penyiraman pun tak perlu tiap hari.

”Patokannya, media tanam kering atau nggak. Kalau cuaca mendung, kadang enggak perlu disiram. Misting saja cukup,” lanjut Nisha.

Untuk mencapai ukuran besar, keluarga aroid membutuhkan perlakuan khusus. Yakni, tidak boleh dipangkas atau dipisah anakannya.

’’Banyak pemilik yang kalau tanaman keluar anakan, dipisah. Seperti Aglaonema. Akhirnya, tumbuhnya stuck di ukuran itu,” ucap Nisha.

Jika memang ingin ”membesarkan”, alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya itu menyarankan anakan tetap dipertahankan. Kemudian, dilakukan repotting ke tempat yang lebih besar.

BACA JUGA: Manfaatkan Lahan Tambahan di Pinggir Jalan sebagai Makam

Hal itu juga berlaku buat jenis Monstera yang perbanyakannya dengan setek batang. Tanaman yang tidak dijadikan indukan dibiarkan besar. Batangnya tak dicacah sebagai bibit. Alhasil, batang tanaman gemuk. Salah satu Monstera Adansonii memiliki batang berdiameter sebesar pipa.

”Kami maintain juga dengan menambah turus. Tiap ada satu akar napas muncul, dipasang turus. Jadi, tumbuhnya tetap bagus meski besar,” kata Supriyo, Gardener Forest.Ku.

Perawatan tanaman besar juga didukung dengan media tanam atau metan yang baik. Yo –sapaan Supriyo– dan Nisha menjelaskan, Aroid menyukai metan yang porous alias mudah meneruskan air. Terutama jenis Aglaonema.

”Kalau metannya terlalu padat, rawan masalah di akar. Terutama busuk,” imbuh Yo. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung