Ekonomi & Bisnis

Mentan Terus Dorong Milenial Berkarya di Sektor Pertanian

Pekerja saat merawat tanaman sayur hasil pertanian menggunakan metode Hidroponik di Depok, Jawa Barat. f. Dery Ridwansah/ JawaPos.com

batampos.id – Pemerintah terus mendukung anak muda berkarya di bidang pertanian. Dorongan itu karena sektor pertanian adalah tulang punggung perekonomian Indonesia yang akan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

“Pertanian ini membutuhkan anak-anak muda, milenial. Ke depan, kepada pemuda-pemudi, negara ini diwariskan,” ujar Wakil Menteri Pertanian Wamentan Harvick Hasnul Qolbi di Jakarta, Senin (12/7).

Oleh sebab itu, kata Harvick Hasnul Qolbi, Pemerintah sangat mendukung anak-anak muda yang ingin berkarya di bidang pertanian.

Advertisementjudul gambar

Harvick menyebut, selama masa pandemi Covid-19 atau selama 2020, jumlah petani, peternak, dan pekebun tumbuh 2 persen. Bahkan, berdasar catatan Kementerian Pertanian saat ini terdapat 3 juta jumlah petani baru.

BACA JUGA: Mentan Dukung Ekspor Olahan Kelapa dari Bintan, PT Bionesia Siap Tambah Gedung di KIB Lobam

Penambahan itu dipicu oleh banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat covid-19. Setelah Covid-19 para pekerja yang terkena PHK lantas mencari pilihan baru dengan bertani, beternak, berkebun, maupun mengelola lahan perikanan.

Hal ini disebabkan maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi, sehingga mereka kesulitan mencari mata pencaharian di sektor lain.

“Dalam hal ini, saya menjamin bahwa kita semua tetap mencari jalan keluar. Apa pun yang terjadi. Kita tetap bersama rakyat kita,” ungkapnya.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini Harvick mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Dengan menerapkan prokes bukan berarti aktivitas terhenti. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung