Ekonomi & Bisnis

Polibatam Tegakkan Nilai ACTION di Lingkungan Kampus

Suasana kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Juli 2021. F Ist

batampos.id – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Kepri, Politeknik Negeri Batam (Polibatam) akan menerapkan Zona Integritas. Integritas atau Integrity adalah salah satu nilai yang ditegakkan di Polibatam. Nilai-nilai di Polibatam adalah [ACTION]2: Adaptive dan Agile, Collaborative dan Customer Centric, Trustworthy dan Team Based, Integrity dan Innovative, Open dan Organic, serta Nurture dan Nationalism.

‘’Mengapa hal itu harus dijalankan di lingkungan kampus kebanggan masyarakat Kepri  ini? Ini sangat penting karena memang sebagai upaya untuk menegakkan nilai-nilai organisasi kampus’’ papar Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda PhD di saat Rapat Penutupan Audit Internal (AMI) 2021, sekaligus Rapat Pleno Polibatam 2021 secara daring melalui zoom dari kampus Polibatam, Batam Kota, Senin (12/7/2021).

Dr Uuf Barajawidagda. F Polibatam

Dilanjutkan Uuf, integritas dipahami insan Polibatam sebagai sikap dan perilaku tetap menjalankan tugas dengan baik dan seperti seharusnya menurut peraturan dan undang-undang walaupun tidak ada yang mengawasi. Integritas merupakan landasan yang sangat penting untuk mewujudkan Zona Integritas dalam menuju perwujudan Wilayah Bebas Korupsi. Menurut Peraturan Menpan RB, Zona Integritas didefinisikan sebagai predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Advertisementjudul gambar

Uuf menambahkan, dalam ikhtiar menerapkan Zona Integritas, Polibatam telah melakukan hal-hal berikut, yaitu pencanangan, pembangunan, dan proses penilaian mandiri. Dalam proses pencanangan, Polibatam mengajak seluruh civitas academica Polibatam untuk bergerak bersama menegakkan integritas dalam melaksanakan tugas sehingga nilai-nilai bebas korupsi. Tentu tidak hanya menjadi jargon, namun juga tercermin dalam perilaku sehari-hari.

BACA JUGA: Polibatam Raih Prestasi Nasional Bidang Informatika, Terima Mahasiswa Hafal Alquran 30 Juz

Dalam proses pembangunan Zona Integritas, Polibatam melakukan Manajemen Perubahan untuk mengelola Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja, sehingga berdampak pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Dalam melakukan penilaian mandiri, Polibatam didampingi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan reviu oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kembali ke pertanyaan awal, Polibatam memahami Zona Integritas sebagai perubahan sikap dan perilaku seluruh insan Polibatam untuk menegakkan budaya melayani. Bekerja sesuai tugas masing-masing walaupun tanpa ada yang mengawasi, sehingga tercipta organisasi yang bersih dengan kualitas pelayanan yang baik. Ini penting untuk diwujudkan agar layanan pendidikan dapat mencetak lulusan yang berintegritas untuk meningkatkan daya saing Batam sebagai daerah investasi dan segera melepaskan Indonesia dari jebakan negara berpendapatan menengah menjadi negara maju sehingga cita-cita untuk menjadikan rakyat sejahtera segera terwujud. (*)

Reporter: Suprizal Tanjung
Editor: Suprizal Tanjung