Metropolis

3.380 Pelamar CPNS dan PPPK

Pendaftar PPPK Guru Capai 1.267 Orang, Sisanya Didominasi Pelamar CPNS

Ilustrasi.Ruangan yang disiapkan bagi peserta ujian CPNS di kantor UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Gedung Bersama Pemko Batam, Rabu (30/6). Jumlah pendaftar CPNS maupun PPPK di Kota Batam tergolong tinggi. (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Dibuka sejak 30 Juni lalu, jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kota Batam, sudah mencapai 3.380 orang. Untuk tahun ini, dibuka 445 formasi CPNS dan 2.821 untuk tenaga PPPK. Sejauh ini, antusias pendaftar CPNS maupun PPPK di Kota Batam tergolong sangat tinggi.

”Kurang lebih dua pekan dibuka, alhamdulillah yang daftar sudah melebihi kuota yang disediakan. Artinya, antusias untuk menjadi pegawai pemerintah sangat tinggi di Batam,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam, Hasnah, Rabu (14/7).

Ia merinci, dari jumlah tersebut, sebanyak 2.018 pelamar untuk CPNS, sedangkan yang mendaftar PPPK nonguru 95 pelamar dan PPPK guru sebanyak 1.267 pelamar. Tahun ini, Batam mendapatkan kuota untuk CPNS sebanyak 295 formasi dan PPPK 2.773 formasi.

Advertisementjudul gambar

”CPNS paling banyak peminat, dari total 295 formasi, total yang mendaftar mencapai 2.018 pelamar. Sedangkan untuk PPPK guru juga begitu, sangat banyak peminat dari formasi yang disediakan,” ujarnya.

Hasnah mengatakan, pendaftaran masih dibuka hingga 21 Juli mendatang. Pelamar masih ada waktu satu pekan ke depan. Untuk mereka yang ingin mendaftar, juga masih bisa. Ia mengingatkan kepada pelamar untuk memahami persyaratan sebelum mendaftar, hal ini guna menghindari maladministrasi.

Kepada pelamar untuk membaca pengumuman dengan teliti. Surat lamaran dan surat pernyataan, harus disesuaikan dengan format pada pengumuman. Untuk calon guru PPPK, mengikuti ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi help desk yang disediakan. Khusus untuk tenaga guru, tersedia help desk Kemendikbud dan mengisi formasi serta persyaratan mengacu pada aplikasi sscasn.

Kepala UPT BKN Batam, Delpa Nopri Kasmi, mengatakan, waktu pendaftaran dibuka selama tiga minggu dan dinilai cukup panjang. Peserta diminta untuk menyiapkan berkas sesuai dengan yang diminta. Unggah dokumen sesuai dengan permintaan, guna menghindari kegagalan saat pendaftaran.

Prinsipnya, kata dia, BKN Batam hanya sebagai pelaksana atau memfasilitasi peserta untuk ujian nantinya. Ia menyebutkan, ada dua tes yang akan diikuti. Pertama, seleksi kompetensi dasar (SKD), kedua seleksi kompetensi bidang (SKB). Tes dilakukan dengan sistem komputerisasi atau CAT.

”Informasi baru itu saja. Sedangkan untuk passing grade masih menunggu dari pusat. Saat ini yang baru keluar itu untuk sekolah kedinasan, sedangkan yang lain belum,” sebutnya.

Mengenai ruangan yang akan digunakan untuk tes CPNS, pihaknya menyiapkan satu ruangan berkapasitas 50 orang. Namun, karena pandemi Covid-19, kapasitas diatur ulang sesuai dengan arahan Tim Satgas Covid-19 Batam. Untuk antisipasi, BKN Batam juga menyediakan satu ruangan khusus bagi mereka yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat.

”Ini antisipasi saja. Kalau nanti ada calon peserta yang suhu tubuhnya tinggi. Ada lima komputer yang kami siapkan di ruangan khusus tersebut,” ujarnya.

Pendaftaran seleksi ASN dari 30 Juni sampai 21 Juli 2021. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dari 28 sampai dengan 29 Juli 2021. Masa sanggah 30 Juli sampai dengan 1 Agustus 2021, Jawab sanggah 30 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021. Pengumuman pasca sanggah 9 Agustus 2021.

Pelaksanaan SKD 25 Agustus sampai dengan 4 Oktober 2021. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK non guru dilakukan setelah pelaksanaan SKD selesai di masing-masing titik. Pengumuman hasil SKD 17 sampai 18 Oktober 2021. Persiapan pelaksanaan SKB 19 Oktober sampai dengan 1 November 2021, pelaksanaan SKB dari 8 sampai dengan 29 November 2021.

Penyampaian hasil integrasi SKD dan SKB serta seleksi PPPK non guru 15 sampai dengan 17 Desember 2021. Pengumuman kelulusan 18 sampai 19 Desember 2021. Masa sanggah 20 sampai 22 Desember 2021, jawab sanggah 20 sampai 29 Desember 2021.

Pengumuman pasca sanggah 30 sampai 31 Desember 2021. Pengisian DRH dari 1 sampai 18 Januari 2022. Usul penetapan NIP/NI P3K dari 19 Januari sampai 18 Februari 2022.

Untuk pelaksanaan, sepenuhnya merupakan kebijakan pusat, dan daerah hanya menerima hasil dan menjadi tempat penyelenggaraan. Berdasarkan informasi dari Kementerian PAN-RB, rekrutmen CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keduanya akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pelamaran seleksi PPPK akan dilakukan secara daring melalui SSCASN dan disertai dengan proses pengunggahan dokumen persyaratan secara elektronik. Dalam seleksi PPPK, hanya terdapat dua tahapan, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : RATNA IRTATIK