Metropolis

Bantuan Sembako untuk Warga Terpapar Covid-19

Dihimpun LAZ Batam, Buka Donasi Warga yang Ingin Membantu

Petugas dari LAZ Batam menyerahkan bantuan bagi warga yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri. (Dokumentasi LAZ untuk Batam Pos)

batampos.id – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam saat ini tengah menjalankan program pembagian sembako untuk masyarakat yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Untuk mendapatkan bantuan sembako, masyarakat diminta untuk mengubungi LAZ Batam melalui WhatsApp dengan mengirimkan hasil dari pemeriksaan rapid test Antigen atau PCR.

“LAZ Batam akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan, selama saudara kita tak bisa beraktivitas di luar karena menjalani isoman. Jadi, itulah yang kami berikan hari ini,” kata Ketua LAZ Batam, Syarifuddin.

Advertisementjudul gambar

Hingga Rabu (14/7) pagi, LAZ Batam telah menerima 520 pesan WhatsApp dari warga Kota Batam sejak program ini mulai dijalankan pada Selasa (13/7) sore.

Selanjutkan, LAZ Batam akan melakukan verifikasi satu per satu pesan WhatsApp tersebut untuk yang benar-benar layak mendapatkan bantuan.

“Kami lakukan verifikasi, bahwa betul-betul yang kami bantu ini adalah yang positif. Karena ini bukan bantuan sembako biasa kepada masyarakat di musim pandemi saat ini. Biasanya tidak semua masyarakat memahami informasi itu,” ujarnya.

Untuk pendistribusian paket sembako, LAZ Batam dibantu salah satu jasa ekspedisi, TIKI. Sehingga, penyalurannya dapat menjangkau lebih maksimal kepada masyarakat. Sebab, ia tidak menyangka, jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sampai 500 lebih. “Kemarin pikiran saya hanya 100-an yang jalani isoman ini. Ternyata sampai 500 lebih,” tuturnya.

LAZ Batam juga membuka donasi bagi masyarakat Batam yang ingin ikut berpartisipasi dalam program pembagian sembako kepada masyarakat. “Ternyata banyak sekali saudara kita yang membutuhkan,” katanya. (*)

Reporter : Eggi Idriansyah
Editor : RATNA IRTATIK