Bintan-Pinang

Salat Idul Adha di Lapangan dan Masjid Ditiadakan

Surjadi

batampos.id-Pemko Tanjungpinang menetapkan pelaksanaan salat Idul Adha, Selasa 20 Juli 2021 mendatang dilaksanakan di rumah warga masing-masing.  Salat Idul Adha secara berjamaah di masjid dan di lapangan terbuka tidak diizinkan mengingat kasus covid-19 masih tinggi dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Tanjungpinang masih diberlakukan.

BACA JUGA: PBNU Instruksikan Zona PPKM Darurat Tak Gelar Takbiran dan Salat Ied

Koordinator Lapangan Protokol Kesehatan (Prokes) satgas covid-19 Kota Tanjungpinang, Surjadi menjelaskan hasil rapat semua elemen masyarakat dan edaran Gubernur Kepri, pada masa kondisi darurat sudah disepakati pelaksanaan salat idul adha hanya boleh dilaksanakan di rumah masyarakat masing-masing.  “Solat di rumah masing-masing dengan keluarga inti saja,” kata Surjadi, Kamis (15/7).

Advertisementjudul gambar

Tidak hanya itu, Lanjut Surjadi untuk pemotongan hewan kurban akan diatur oleh petugas kesehatan, akan dibatasi orang yang ada di lokasi kurban, yang diperbolehkan hanya boleh petugas pemotongan sedangkan daging kurban akan diantar oleh panitia ke rumah warga.

“Diharapkan tidak terjadi penumpukan saat pemotongan hewan kurban,” sebutnya. Saat rapat, kata Surjadi juga mengundang  dewan kemakmuran masjid yang ada di Tanjungpinang sekaligus bentuk sosialisasi yang nantinya disampaikan kepada para pengurus masjid.

“Para pengurus masjid tentunya sudah tahu, dipastikan tidak ada lagi warga yang melaksanakan solat idul adha di masjid ataupun lapangan terbuka,” tuturnya.

Surjadi menyebutkan akan ada patroli ke masjid atau lapangan terbuka memantau masyarakat yang bandel melaksanakan solat idul adha berjamaah. “Kita akan patroli juga, tidak perlu ada saksi tapi diusahakan bisa patuh karena ada sosialisasi sebelumnya,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul