Metropolis

Masuk Tahap Pengerasan Jalan

Pemko melebarkan jalan Brigjen Katamso, depan masjid sultan, Jumat (18/6). Jalan ini nanti akan dibuat lima lajur. (Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.id – Proyek peningkatan jalan di wilayah Batuaji dan Sagulung terus digesa. Ada tiga persimpangan yang sedang dalam proses pelebaran yakni Simpang Barelang, Simpang Basecamp dan Simpang Seibinti di depan Pasar Fanindo, Tanjunguncang. Tiga proyek ini dikerjakan secara bersamaan dengan target rampung sebelum akhir tahun.

”Kalau sudah dilebarkan, lalu lintas pasti lancar dan ini akan membantu perekonomian masyarakat,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, beberapa waktu lalu.

Pantauan di lapangan, pengerjaan sudah merampungkan pembukaan row jalan yang akan dilebarkan. Simpang Barelang yang semula terhalang oleh kios dan bangunan liar, kini sudah bersih. Row jalan dari masing-masing jalur sudah dibentuk dan dalam proses penimbunan. Jika tidak ada kendala yang berarti, dalam waktu dekat sudah bisa masuk tahap pengerasan. Sejumlah alat berat dan pekerja terlihat terus menggesa proyek tersebut.

Advertisementjudul gambar

Begitu juga dengan Simpang Basecamp dan Simpang Seibinti, pengerjaan juga telah membuka row jalan baru sebagai pelebaran ruas jalan yang sudah ada. Pelebaran Simpang Basecamp dilakukan secara merata di empat persimpangan itu. Dari arah Marina dibuka jalur lambat ke arah Sekupang. Begitu juga dari arah Mukakuning dan dari arah Tanjunguncang, juga masing-masing ada jalur lambat.

Simpang Seibinti juga demikian, tikungan persimpangan juga dilebarkan layaknya persimpangan lain di Batam Center dan Nagoya. Bahkan, ruas jalan Brigjen Katamso mulai dari depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah hingga depan gerbang masuk Fanindo, juga dilebarkan jadi lima jalur.

Rudi juga menuturkan, peningkatan ruas jalan di Batuaji dan Sagulung ini sebagai upaya untuk penataan wajah perkotaan di Batuaji dan Sagulung.

”Saya ingin katakan, yang kita bangun saat ini untuk masyarakat juga nantinya,” katanya. (*)

Reporter : EUSEBIUS SARA,
Editor : RATNA IRTATIK