Nasional

Mobilitas Tinggi sebabkan ASN Terpapar

Kadinkes Batam masih Dalam Perawatan

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid. (Humas Pemko Batam)

batampos.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, saat ini cukup banyak kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terpapar Covid-19. Hal ini karena tingginya mobilitas saat menjalankan tugas di pemerintahan.

Beberapa kepala OPD yang terpapar seperti Kepala Dinas Kominfo, Azril Apriansyah yang sekarang menjalani isolasi mandiri (Isoman), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata, dan yang saat ini masih menjalani pemulihan adalah Kepala Dinas Kesehatan Didi Kusmarjadi.

“Pak Didi sudah lebih dari satu minggu menjalani pemulihan di rumah sakit. Dengan aktivitas yang cukup padat selama pelaksanaan vaksinasi, risiko terpapar virus Covid-19 sangat tinggi. Ya mau bagaimana lagi, kami dikejar target vaksinasi, mau tidak dia harus turun mengawasi dan memantau jalannya vaksinasi,” bebernya, Kamis (15/7).

Advertisementjudul gambar

Jefridin mengatakan, saat ini kondisi dokter spesialis kandungan tersebut dalam keadaan baik, dan terus membaik. Dokter Didi dinyatakan positif dan sudah dirawat sejak 8 Juli lalu. “Mari kita semua doakan kondisi semua yang terpapar virus ini kembali sehat dan bisa beraktivitas kembali,” harapnya.

Orang nomor tiga di Pemerintahan Batam ini mengatakan, setiap hari belasan orang meninggal akibat Covid-19. Dalam dua hari ini, Jefridin mengaku sudah dua kali mengantarkan jenazah pasien Covid-19 ke tempat peristirahatan terakhir mereka.

”Dua orang yang cukup saya kenal meninggal karena Covid-19. Jadi saya minta kita semua menjaga protokol kesehatan (Protkes) agar tidak terpapar Covid-19,” jelasnya.

Upaya yang dilakukan Pemko Batam adalah mengurangi kapasitas bekerja di kantor menjadi 25 persen. Ia berharap, ASN terpapar dan yang tengah dalam perawatan bisa pulih dengan cepat.

“Cepat sembuh yang penting. Karena banyak yang terpapar, pekerjaan jadi terganggu, semua jadi Sekda yang kerjakan jadinya. Makanya mari kami doakan kondisi ini cepat pulih, termasuk ASN ini,” harapnya.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam ini kembali mengingatkan bahwa saat ini angka kasus masih tinggi. Dalam satu hari, total pasien mencapai ratusan orang. Angka kematian juga terus naik, karena banyaknya pasien yang terpapar bergejala yang ditemukan akhir-akhir ini.

“Mari jaga diri, dan sehat untuk kita semua. Batam cepat pulih, dan ekonomi bangkit. Tetap jaga diri dengan pakai masker, jaga jarak, dan kurangi mobilitas. Saat ini masyarakat diminta patuhi aturan PPKM Darurat, ini upaya dalam menekan angka kasus,” ujarnya.

Berdasarkan data kasus Covid terbaru, angka kasus aktif saat ini sudah mencapai 2.980, dengan angka kematian 408 orang, pasien sembuh sebanyak 14.221 orang, dan total keseluruhan 17.609. Peningkatan kasus ini mulai terjadi akhir Juni lalu. Dalam satu hari, penambahan kasus mencapai ratusan orang. Sebanyak 2.100 pasien positif juga tengah menjalani isolasi mandiri demi pulih dari Covid-19. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : RATNA IRTATIK