Kepri

Puting Beliung Terjang Pemukiman di Tiga Kecamatan di Natuna

Salah satu rumah warga yang ditimpa pohon kelapa saat angin puting belius menhantam Natuna. f. ist

batampos.id- Puting beliung menghantam sejumlah wilayah di tiga kecamatan di Natuna. Akibatnya sejumlah fasilitas pemerintah, negara dan rumah masyarakat mengalami kerusakan. Ketiga kecamatan itu meliputi Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut dan Kecamatan Pulau Tiga.

BACA JUGA: Sehari, 61 Warga Natuna Terpapar Covid

Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar Kabupaten Natuna, Elkadar Lesmana mengatakan, peristiwia itu terjadi sejak pukul 03:00 WIB sampai pukul 06:00 WIB, Rabu (13/7).

Advertisementjudul gambar

“Tiga desa itu adalah Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Desa Tanjung kecamatan Bunguran Timur Laut dan Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga,” kata Elkadar.

Kerusakan yang terjadi juga beraneka ragam, mulai dari kayu tumbang, kerusakan jaringan listrik, kerusakan gedung, atap rumah copot dan lainnya. “Sementara di Selat Lampa dilaporkan ada sebuah rumah warga roboh,” terang Elkadar.

Namun begitu, Elkadar memperkirakan kerusakan infrastruktur masih ada di beberapa kecamatan lainya akan tetapi belum terdata dan laporan dari pemerintah setempat.

“Cuma karena kami hanya menerjunkan dua regu saja, belum semua bisa terjangkau. Petugas kami terkonsentrasi di Sepempang dan Tanjung, Selat Lampa belum terjangkau, tapi kami tetap update terus kondisinya,” sebut Elkadar.

Ia menghimbau kepada warga agar berhati-hati dan waspada. Belakangan ini dari prakiraan cuaca, wilayah Natuna masih akan diguyur hujan hingga beberapa hari ke depan. “Karena kita tidak tahu apa yang terjadi nanti malam, besok maupun besok lusa. Apalagi sekarang memang musimnya,” himbau Elkadar. (*)

Reporter: Sholeh
editor: tunggul