Karimun

Hewan Qurban di Karimun Dipastikan Sehat

Puluhan ekor hewan sapi yang siap diqurbankan pada hari raya Idul Adha. f. tri

batampos.id– Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Sukriyanto memastikan, seluruh hewan qurban di Kabupaten Karimun kondisinya dalam keadaan sehat untuk dilakukan pemotongan nanti pada hari Raya Idul Adha besok (Selasa-red). Dimana, pihaknya setiap hewan yang masuk ke Karimun selalu dilakukan pemeriksaan oleh dua dokter hewan dan 14 petugas teknis dimasing-masing kecamatan. ” Alhamdulillah, sampai sekarang hewan qurban yang akan dipotong dalam kondisi sehat,” jelas Sukriyanto, Minggu (18/7).

BACA JUGA: Jokowi Kurban 45 Sapi di Hari Raya Iduladha

Hingga sekarang, hewan qurban yang ada di Kabupaten Karimun mencapai 357 ekor sapi, 168 ekor kampung dan 25 ekor domba. Untuk pemeriksaan hewan qurban sendiri ada dua cara yaitu pemeriksaan Atemortem yaitu sebelum pemotongan hewan qurban dengan melihat kondisi fisik hewan qurban apakah ada kecacatan atau luka.

Advertisementjudul gambar

Sedangkan, pemeriksaan Post Mortem sendiri sesuai proses penyembelihan untuk memastikan kesehatan hewan qurban dengan mengamati organ dalam hewan tersebut. Sehingga, dapat dipastikan kesehatan hewan qurban tersebut apalgi Stasiun Karantina Pertanian yang berwenang juga telah memastikan kondisi hewan yang masuk ke Karimun.

” Kita saling koordinasi untuk hewan qurban ini. Semuanya, dipastikan pengecekan kondisi kesehatan hewan qurban,” ungkapnya.

Sementara ditanya tentang hewan sapi ras Bali yang masuk ke Karimun, ia mengatakan, untuk hewan jenis sapi ras Bali sebelum masuk ke Karimun diwajibkan harus melampirkan hasil pemeriksaan dengan uji Polymerase Chain Reaction (PCR). Sehingga, bisa dipastikan sapi Bali ini benar-benar bebas dari penyakit Jembrana atau penyakit yang bersifat menular pada sapi Bali.

” Khusus untuk sapi bali memang harus ada surat hasil PCR negatif. Semuanya, kita pastikan hewan qurban masuk ke Karimun dalam kondisi sehat,” terangnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul