Bintan-Pinang

Presiden Jokowi Berkurban 1 Ekor Sapi Berbobot 850 Kg untuk Masyarakat Bintan

Sapi kurban Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Bintan telah tiba di Tanjunguban, Bintan, Minggu (18/7). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban satu ekor sapi untuk masyarakat Bintan. Sapi berbobot lebih kurang 850 kilogram tersebut tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan pada Minggu (18/7).

BACA JUGA: Jokowi Kurban 45 Sapi di Hari Raya Iduladha

Ketua Umum Masjid Raya Baitul Makmur Tanjunguban, Muntaha mengatakan, sapi kurban Presiden Joko Widodo telah tiba di Tanjunguban setelah diseberangkan dengan kapal RoRo dari Batam ke Tanjunguban.

Advertisementjudul gambar

“Alhamdulillah, sapi kurban Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Bintan sudah tiba tadi. Kondisi sapi dengan bobot sekira 850 kilo terlihat sehat,” ujarnya.

Muntaha mengatakan, jika tidak ada halangan sapi kurban Presiden Jokowi akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha di Masjid Raya Baitul Makmur Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Selasa (20/7). “Insha Allah Selasa disembelih,” ujarnya.

Sementara Koordinator Bidang Ibdaha Masjid Raya Baitul Makmur, Tanjunguban, M Rofik mengatakan, daging kurban dari sapi kurban Presiden Jokowi akan disalurkan untuk jemaah masjid dan masyarakat.

“Kita prioritaskan masyarakat kurang sejahtera. Diutamakan masyarakat yang menerima bantuan PKH,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, masyarakat tidak perlu ke lokasi penyembelihan karena panitia kurban akan mengantar daging kurban ke rumah masyarakat dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. “Tidak perlu datang ke lokasi penyembelihan, sehingga tidak terjadi kerumunan,” imbuhnya.

Sementara itu, tim wasdak Karantina Pertanian Tanjungpinang melakukan patroli pengawasan lalu lintas hewan ternak di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (18/7) berkenaan masuknya 7 ekor sapi bali yang merupakan sapi kurban Gubernur Kepri dan jajarannya untuk masyarakat Kota Tanjungpinang dan satu ekor sapi yang merupakan sapi kurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Bintan.

Pengurus dokumen sapi kurban, Sukma mengatakan, sapi kurban Presiden Jokowi akan disembelih di Masjid Raya Baitul Makmur Tanjunguban.

“Sapi tersebut telah dirawat dua tahun lebih di peternakan Sei Temiang untuk memenuhi pesanan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Pejabat Karantina Pertanian Tanjungpinang yang dipimpin, Raden Nurcahyo Nugroho melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan dan pemeriksaan kesehatan secara fisik mulai mata, hidung, mulut dan anus.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara cermat, Raden memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat. “Dalam pelaksanaan pemeriksaan di lapangan kita juga menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam melalulintaskan komoditas pertanian berupa hewan dan tumbuhan, maupun produk turunannya, wajib disertai dengan sertifikat kesehatan, melalui tempat pemasukan yang ditetapkan dan dilaporkan pada pejabat Karantina. Hal ini sesuai dengan amanah Pasal 35, UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul