Covid-19

Presiden Jokowi Minta Aparat Tertibkan Pedagang dan Warga Sambil Bawa Bansos

Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa saat berangkat sambil membawa paket sembako yang dibagikan kepada warga miskin dan terdampak PPKM Darurat. (Biyan Mudzaky/Radar Malang)

batampos.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta dengan tegas agar penertiban yang dilakukan aparat dalam rangka PPKM Darurat wilayah Jawa dan Bali dilakukan dengan hati-hati. Presiden Jokowi tak ingin tindakan arogansi yang dilakukan aparat justru memperkeruh suasana pandemi.

Seperti diketahui, dalam penanganan dan pengendalian kasus penularan Covid-19, pemerintah menggunakan pembatasan mobilitas. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali kericuhan yang terjadi karena cara aparatur negara bersikap dalam mengatur jalannya kebijakan PPKM Darurat.

“Peristiwa-peristiwa Satpol PP memukul pemilik warung apalagi ibu-ibu, untuk rakyat ini memanaskan suasana,” ujarnya secara virtual, Sabtu (17/7).

Advertisementjudul gambar

Mantan Wali Kota Surakarta itupun meminta agar saat melakukan pembatasan dan penyekatan, aparat juga sembari memberikan bantuan sosial (bansos) misalnya beras. “Sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan, sambil bagi beras malah bisa sampai pesannya,” imbuhnya.

“Hati-hati dalam menurunkan mobilitas indeks penyekatan dan penanganan pada masyarakat, Pedagang Kaki Lima (PKL), pedagang toko,” pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim