Metropolis

Layanan SIM Tetap Buka

Disdukcapil Batasi Jam Operasional

Warga antre mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil Sekupang, beberapa waktu lalu. Pelayanan publik di Disdukcapil masih normal meskipun PPKm darurat. (Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.id – Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Krisna Ramadhani, mengatakan, dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, pihaknya akan tetap membuka layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Barelang.

”Sampai saat ini belum ada petunjuk perpanjangan (penutupan layanan SIM). Jadi sesuai petunjuk kemarin,” ujar Krisna, Minggu (18/7).

Ia menjelaskan, layanan SIM tersebut akan kembali dibuka pada 21 Juli mendatang. Saat itu, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM dengan mekanisme perpanjangan.

Advertisementjudul gambar

”Silakan bagi masyarakat yang SIMnya mati, nanti langsung bisa mengurus perpanjangan,” katanya.

Masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, dan menjaga kebersihan.

”Kalau ada petunjuk perpanjangan nanti akan disampaikan ke masyarakat. Dan jika akan dibuka kembali protkes tetap diperhatikan, kami antisipasi agar tidak membeludak,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam, Dewi Rufianti, mengatakan, pelayanan kependudukan di Disdukcapil tetap buka selama PPKM darurat. Hanya saja ada pembatasan pelayanan karena keterbatasan pegawai.
”Selama PPKM ini kan kami WFH (work from home), jadi gak semua masuk kerja. Ada juga yang bertugas sebagai PPKM dan yang sakit,” kata Dewi, Selasa (13/7).

Selama PPKM darurat, lanjutnya, untuk sementara jam pelayanan dibatasi. Kantor buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Berbeda jadwal normalnya yang sampai pukul 15.00 WIB.

Dewi mengimbau, kepada masyarakat yang mengajukan pelayanan secara tatap muka agar mentaati protkes, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruang pelayanan Kantor Disdukcapil.
”Kami selalu imbau, ini salah satu upaya kita meminimalisir penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Pantauan Batam Pos di kantor Disdukcapil Batam tidak seramai hari biasanya. Namun begitu, masih ada beberapa warga datang guna mengurus administrasi kependudukan. ”Lagi ngurus surat pindah, katanya hari ini diambil,” ujar Roni, warga Tiban.

Ia mengaku tidak ada yang berbeda pelayanan selama PPKM darurat. Namun, dari sisi warga yang datang memang tidak seramai hari biasanya. ”Kalau biasa kan antre. Ini bentar aja selesai,” pungkasnya. (*)

Reporter : YOFI YUHENDRI, Rengga Yuliandra
Editor : Andriani Susilawati