Bintan-Pinang

Pandemi Covid-19, 267 Ekor Sapi dan 119 Ekor Kambing akan Dikurbankan

Tim Wasdak Karantina Pertanian Tanjungpinang memeriksa hewan kurban saat tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (18/7). F.kiriman Karantina Pertanian Tanjungpinang

batampos.id – Sebanyak 267 sapi dan 119 ekor kambing tersebar di masjid atau musala yang berada di 10 kecamatan Kabupaten Bintan akan dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Jumlah ini berdasarkan data Kementerian Agama Bintan. Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan bahwa Pemkab Bintan akan mengatur terkait proses penyembelihan hewan kurban, serta pendistribusiannya kepada masyarakat.

BACA JUGA: Hewan Qurban di Karimun Dipastikan Sehat

Ia juga meminta agar nantinya petugas pemotongan hewan kurban dapat menerapkan jaga jarak antar petugas saat melakukan pemotongan serta pendistribusian daging hewan kurban dilakukan petugas ke tempat tinggal warga yang berhak.

Advertisementjudul gambar

“Petugas yang mendistribusikan daging kurban wajib mengenakan masker rangkap dengan sarung tangan untuk meminimalkan kontak fisik dengan penerima,” jelasnya. Ia juga menegaskan, nantinya tiap camat dan kepala desa diminta untuk melakukan pengawasan pelaksanaan kurban di wilayah masing-masing.

Ia berharap jangan sampai pelaksanaannya menimbulkan kerumunan yang berpotensi meningkatkan penularan covid-19.

“Bentuk panita, tidak boleh ada antrean dan harus diantar ke penerima. Bisa melalui RT, RW, dan takmir masjid. Camat dan Forkopimcam nanti juga kita minta  memantau secara langsung,” ucapnya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Bintan, Indra Gunawan juga menuturkan bahwa Bupati Bintan, bersama seluruh ASN Bintan pda tahun 2021 ini, juga turut menyumbang hewan kurban yang akan digunakan dalam penyembelihan hewan kurban pada tahun ini.

“Alhamdulillah, dimasa-masa pandemi ini, rasa berkurban masyarakat Bintan saat ini masih tinggi. Bupati Bintan bersama jajaran dan seluruh ASN Bintan nantinya juga akan turut menyumbang hewan kurban sekitar 13 ekor sapi yang akan disumbangkan ke mesjid-mesjid di Kecamatan,” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul