Bintan-Pinang

Idul Adha, Pelabuhan ASDP Tanjunguban Lengang, RoRo Tanjunguban – Telagapunggur Layani Tiga Trip

Seorang calon penumpang berjalan ke arah kapal sembari menarik koper usai membeli tiket dan menunjukkan surat vaksin dan antigen ke petugas Satgas Covid-19 di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan, Selasa (20/7) siang. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Hari Raya Idul Adha 1442 H, kondisi pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan, Selasa (20/7) terpantau lengang. Tidak terlihat lonjakan calon penumpang atau kendaraan yang akan menyeberang ke Batam saat Satgas Covid-19 melakukan pengecekan surat vaksinasi dan antigen di pelabuhan.

BACA JUGA: Kapal Roro Tetap Berlayar

Seorang petugas satgas covid-19 di Pelabuhan ASDP Tanjunguban mengamini kondisi lengangnya calon penumpang yang akan menyeberang ke Batam melalui Pelabuhan ASDP Tanjunguban. “Hingga siang ini baru 36 orang penumpang yang akan menyeberang,” ujarnya.

Advertisementjudul gambar

Dia juga mengatakan, trip kapal RoRo lintasan Tanjunguban – Telagapunggur dikurangi menjadi 3 trip. “Siang ini baru mau trip pertama,” ujarnya.

Sebuah lembaran jadwal kapal RoRo hanya layani tiga trip ditempel di loket pembelian tiket kapal RoRo. Tiga trip tersebut dilayani dua kapal yakni KMP Kakap dan KMP Niaga Ferry II.

Trip pertama kapal RoRo dari Tanjunguban tujuan Telagapunggur dilayani KMP Niaga Ferry II sekira pukul 12.00 WIB. Kemudian trip kedua dilayani KMP Kakap sekira pukul 15.00 WIB dan trip ketiga kembali dilayani KMP Niaga Ferry II sekira pukul 18.00 WIB.

Supervisi ASDP Tanjunguban, Muhammad membenarkan, Hari Raya Idul Adha kapal RoRo hanya melayani tiga trip. “Iya untuk hari ini, belum tau besok,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sangat mempengaruhi penumpang yang akan menyeberang ke Batam. “Calon penumpang turun drastis,” akunya.

Dia memperkirakan hanya sekira 20 persen penumpang dari kapasitas normal yang menyeberang ke Telagapunggur, Batam dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan. “Bisa dilihat sendiri di pelabuhan, dan dari calon penumpang yang melakukan antigen di pelabuhan,” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul