Bintan-Pinang

Sapi Kurban Presiden Jokowi Disembelih di Masjid Baitul Makmur, Tanjunguban, Bintan

Panitia kurban Masjid Baitul Makmur Tanjunguban saat menyembelih sapi kurban Presiden Jokowi di halaman masjid tersebut, Selasa (20/7) sekira pukul 10.00 WIB. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Masjid Raya Baitul Makmur Tanjunguban, Bintan melakukan penyembelihan satu ekor sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H di halaman masjid, Selasa (20/7) sekira pukul 10.00 WIB.

Panitia kurban yang terlibat dalam prosesi penyembelihan sapi kurban Presiden Jokowi menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan covid-19.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Berkurban 1 Ekor Sapi Berbobot 850 Kg untuk Masyarakat Bintan

Advertisementjudul gambar

Prosesi penyembelihan sapi kurban Jokowi berlangsung lancar dan dilakukan pengawasan oleh petugas kesehatan hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan dan Karantina Pertanian Tanjungpinang.

Kasi Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, drh Iwan Beri Prima mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan sapi hewan kurban Presiden Jokowi.

“Pemeriksaan antemortem sebelum hewan disembelih. Hasilnya terhadap hewan kurban Presiden sesuai yang disyaratkan yakni sehat, layak dan cukup umur,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, usai merobohkan sapi berbobot lebih kurang 850 kilogram, sejumlah panitia kurban langsung mengikat kaki sapi, kemudian memasukkan kayu ke celah kaki sapi dan mengeser kepala sapi ke selokan sehingga membuat darah yang mengucur usai disembelih dari leher sapi mengalir ke selokan.

“Alhamdulillah tidak ada masalah, penyembelihan sapi kurban Presiden Jokowi berlangsung lancar,” ungkap Ketua Umum Masjid Baitul Makmur, Tanjunguban, Muntaha.

Selain satu ekor sapi kurban Presiden Jokowi, Muntaha mengatakan, Masjid Baitul Makmur Tanjunguban juga melakukan penyembelihan satu ekor sapi dan dua ekor kambing.

“Totalnya 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing,” sebutnya. Dia memperkirakan, daging dari sapi kurban Presiden Jokowi lebih kurang 400 kilogram.

“Menurut pihak yang mengantar kemarin, perkiraan daging dari sapi kurban Presiden sekira 400 kilogram, nanti kita lihat dapat berapa dagingnya,” ujarnya.

Disinggung peruntukan daging dari sapi kurban Presiden, dia mengatakan, daging sapi kurban Presiden untuk panitia dan jemaah Masjid Baitul Makmur Tanjunguban serta masyarakat yang berhak menerima.

“Masyarakatnya kita cari di daerah yang tidak ada melakukan penyembelihan hewan kurban,” ujarnya. Sementara untuk pendistribusian, Muntaha mengatakan, pendistribusian daging kurban dilakukan dua macam yakni untuk jemaah masjid akan dibagikan saat waktu salat.

“Dibagi langsung ke orangnya,” katanya. Sedangkan masyarakat yang berhak menerima, Muntaha mengatakan, panitia kurban akan mengantarkan langsung ke rumah.

“Anjuran Biro Kesra Provinsi diantar langsung ke rumah agar tidak menimbulkan kerumunan,” ujarnya. Dikatakannya juga, sebelum diantar, daging sapi dibungkus dalam plastik wrapping sehingga menjaga daging kurban tetap higienis. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul