Metropolis

Di Masjid Agung Batam, Jumlah Hewan Kurban Menurun

batampos.id – Jumlah hewan kurban di Masjid Agung Batam tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Tahun ini, jumlah sapi yang disembelih hanya mencapai 6 ekor. Tahun lalu lebih banyak yaitu 9 ekor sapi.

ilustrasi
foto: Cecep Mulyana / Batam Pos

”Kalau dibanding tahun lalu ada penurunan kurang lebih 30 persen untuk sapi dan 70 persen kambing. Ini disebabkan karena kita sedang menghadapi wabah Covid-19,” ujar Ketua Umum Masjid Agung Batam periode 2018-2021, Firmansyah.

Ia melanjutkan, untuk petugas penyembelihan hewan kurban berjumlah 80 orang yang telah dilakukan rapid test antigen dan vaksin sebanyak dua dosis. Adapun untuk panitia kurban terdiri dari unsur pengurus Masjid Agung Batam, petugas Masjid Agung Batam, Tim Juru Sembelih Halal (JULEHA) serta relawan.

Advertisementjudul gambar

”Makanya dalam pemilihan panitia kurban, kami mensyaratkan telah mempunyai sertifikat vaksin.”

Sementara untuk distribusi daging kurban, panitia membagikannya kepada 1.000 masyarakat yang berada di kawasan Masjid Agung, pulaupulau, ulama, ustaz dan Rumah Tahfidz. Dalam pendistibusiannya, panitia juga mengantarkannya langsung ke rumahrumah masyarakat. Sehingga, panitia kurban Majid Agung di tahun ini tidak ada pembagian kupon maupun pengambilan secara langsung.

”Kami sudah siapkan dua petugas yang akan mengkoor dinir. Kami siapkan juga kendaraan roda empat untuk distribusi dan kami targetkan selesai hari ini (kemarin) juga. Siap pencincangan atau pemotongan langsung kami bagikan,” katanya.

Pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

”Kami hanya bolehkan panitia yang sudah memiliki kartu pengenal yang sudah di-rapid test antigen dan dinyatakan non reaktif, kemudian peserta kurban,” imbuhnya.

Sementara untuk salat Iduladha, pengurus meniadakannya sesuai imbauan pemerintah selama penerapan PPKM darurat. *