Total Football

Lima Tahun Jalani Peminjaman, Porto Resmi Permanenkan Grujic

gelandang FC Porto Marko Grujic. (F. Goal.com)

batampos.id – Porto secara resmi mengumumkan telah mempermanenkan gelandang Liverpool Marko Grujic. Sebelumnya Grujic menjalani masa peminjaman selama lima tahun di Porto.

Gelandang Serbia itu tiba di Portugal pada Senin (19/7) malam, setelah diberi izin untuk meninggalkan kamp pelatihan The Reds di Austria guna menyelesaikan kepindahannya.

Goal menulis, transfer itu bernilai GBP 10,5 juta (USD 14 juta). Liverpool juga telah menegosiasikan klausul penjualan sepuluh persen, dan yakin bahwa mereka akan mendapat manfaat dari itu di masa depan, mengingat catatan apik Porto dalam perdagangan pemain.

Advertisementjudul gambar

Grujic adalah rekrutan pertama era Jurgen Klopp di Liverpool, bergabung dari Red Star Belgrade pada 2016 silam di angka £5 juta ($7 juta).

Ia mengukir delapan penampilan di musim pertamanya di Merseyside, dan enam di musim kedua, tetapi setelah itu mulai sering dipinjamkan. Dia bergabung dengan Cardiff pada Januari 2018 sebelum menghabiskan dua musim di klub Bundesliga Hertha Berlin.

Liverpool sejatinya ingin menjualnya pada musim panas lalu tetapi tawaran tak kunjung datang, dan Grujic bergabung dengan Porto lewat status pinjaman selama satu musim pada Oktober 2020.

BACA JUGA: Liverpool Beri Caoimhin Kelleher Kontrak Jangka Panjang

Dia bermain sebanyak 36 kali di semua kompetisi, mencetak dua gol dan membantu tim Sergio Conceicao mencapai perempat-final Liga Champions, di mana mereka dikalahkan Chelsea yang akhirnya menjadi pemenang.

Sebelum pindah permanen ke Porto, baik Sporting CP dan Sassuolo juga berusaha untuk mengontrak Grujic pada musim panas ini.

Sporting mendapati tawarannya di angka GBP 6 juta (USD 8 juta) ditolak Liverpool bulan lalu, sementara minat Sassuolo bergantung pada keluarnya bintang Italia di Euro 2020 Manuel Locatelli, yang lantas memungkinkan Porto untuk mengamankan kesepakatan.

Grujic adalah salah satu dari beberapa pemain yang memang sudah diprediksi pergi dalam beberapa minggu mendatang.

Striker Nigeria Taiwo Awoniyi bergabung dengan Union Berlin dalam kesepakatan GBP 6,5 juta (USD 9 juta), sementara Fulham siap untuk meningkatkan minat mereka pada pemain internasional Wales Harry Wilson.

Xherdan Shaqiri menarik perhatian Lazio, sedangkan Liverpool akan mendengarkan tawaran untuk Neco Williams dan Nat Phillips.

Masa depan Divock Origi juga tidak jelas, meski banyak sumber mengklaim Takumi Minamino kemungkinan akan tetap di klub musim ini.

Sementara itu, berita kebuntuan negosiasi kontrak kapten Jordan Henderson telah menyebabkan kegemparan pada Senin pekan ini, dengan Atletico Madrid dan Paris Saint-Germain dilaporkan memantau situasi tersebut.

Namun, sepertinya Henderson tidak akan diizinkan pergi pada musim panas ini, sekali pun dia memintanya. Sumber yang ada menyebutkan bahwa masih ada dialog dengan Liverpool, selagi kontrak sang kapten berakhir pada Juni 2023 mendatang. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo