Home

Varian Delta Tak Terdeteksi PCR,  Didi: Lebih Cepat Menular

Kadis Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi 1-F Cecep mulyana

batampos.id – Terus memperketat protokol kesehatan adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona varian Delta. Lingkungan sosial perlu diperkecil, kegiatan luar ruangan juga harus dibatasi. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, Virus Corona varian Delta dinilai lebih sangat menular. Bahkan, varian delta ini disebut 60 persen lebih mudah menular daripada varian Alpha.

BACA JUGA: Jumlah Kasus Covid Aktif di Batam Capai 3.135 Orang

“Kalau untuk varian delta ini lebih cepat penularannya,” ujarnya beberapa waktu lalu. Didi menyebutkan, varian ini juga jauh lebih cepat menular dan dapat menyebar lebih cepat. Bahkan carian Delta berpotensi lebih tinggi menghilangkan antibodi dari tubuh. “Varian jenis baru ini suka tidak terdeteksi PCR. Sehingga menyulitkan petugas kesehatan memastikan pasien terkonfirmasi Covid-19,” terangnya.

Advertisementjudul gambar

Disinggung apakah pemberian vaksin yang digalakkan pemerintah saat ini mampu atau kebal terhadap varian baru ini, ia menjawab vaksin diberikan secara umum. “Mau varian apa saja selagi itu masih Covid-19, ada cross dan struktur proteinnya sama. Efektifitas vaksin akan tetap terjaga,” bener Didi.

Dilansir dari halodoc, menyebutkan jika mematuhi protokol kesehatan masih menjadi cara terbaik untuk mencegah virus corona varian delta. Selain itu, usaha pencegahan harus lebih diperketat dan lebih disiplin dengan cara membatasi waktu berkumpul yang tidak penting, memperkecil jumlah circle sosial, membatasi belanja di pasar atau mall, atur strategi kerja dan sekolah, beribadah dengan bijak, Tetap mengrnakan masker. Usahakan memakai masker yang lebih efektif, yaitu masker ganda (masker bedah dan masker kain), mencuci tangan membersihkan tangan sesering mungkin dan terakhir mendapatkan vaksinasi. (*)

Reporter : Rengga Yuliandra
editor: tunggul