Zetizen

Vietnam Spring Roll

Batampos.id – MENURUT The Dictionary of American Food and Drink, salad merupakan makanan berupa sayur-sayuran yang disiram dengan saus atau bumbu lain. Seiring berjalannya waktu, penyajian dan isi salad semakin berkembang. Salah satunya adalah Vietnam Spring Roll. Bukan hanya sebagai pengganjal perut, Vietnam Spring Roll juga punya banyak manfaat untuk tubuh, lho. Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Vietnam Spring Roll berikut! (arm/c12/lai)


Di Vietnam, hidangan pembuka yang sangat populer ini disebut dengan gỏi cuốn. Sesuai dengan namanya, spring roll biasa disajikan pada hari pertama di musim semi sejak masa Dinasti Jin yang pada saat itu berkuasa atas wilayah Vietnam Utara. Pada awalnya, spring roll berbentuk seperti kue sehingga disebut dengan spring cake. Kemudian, berubah bentuk menjadi lebih kecil dan digulung, rasanya juga telah dimodifikasi sesuai selera masyarakat Vietnam.

Advertisementjudul gambar

 

Tampak serupa dengan lumpia, Vietnam Spring Roll memiliki kulit pembungkus yang lebih bening dan berkilat. Kulit tersebut merupakan olahan dari tepung beras yang biasa disebut dengan rice paper. Kulit transparan membuat warna sayuran yang segar nan mencolok terlihat sehingga mengundang perhatian. Lembaran tipis dan kandungan kalori yang rendah menjadikan rice paper cocok untuk menu diet yang mengenyangkan tanpa membuatmu merasa mengantuk.

 

 

  • Cuci bersih seluruh sayuran yang akan digunakan. Kupas kulit dan buang biji timunnya, lalu potong dengan bentuk memanjang. Lakukan hal yang sama pada setiap sayuran.
  • Rebus udang dan crabstick serta kukus smoke beef sebagai tambahan protein dalam sajian Vietnam Spring Roll.
  • Rebus sohun atau rendam dalam air panas selama 5–15 menit sampai melunak.
  • Rendam rice paper selama 3–5 detik dalam piring yang berisi air hangat. Susun isi, mulai selada, sohun, wortel, mentimun, hingga proteinnya (udang/crabstick/smoke beef), di atas rice paper dan gulung seperti membungkus lumpia.
  • Buat saus kacang dengan menumis bawang putih. Kemudian, masukkan semua bahan dan aduk sampai mengental. Vietnam Spring Roll siap disajikan. (arm/c12/lai)

 

“Salad Kesukaanku”

Reporter: Diella Marfika Tama
Editor : Agnes Dhamayanti

Salad merupakan makanan berupa sayur-sayuran atau buah yang disiram dengan suas atau bumbu lain. Sudah dipastikan bahwa salad adalah makanan sehat. Ada berbagai jenis salad lho! Nah jenis salad apa ya yang disukai teman millenial kita? Yuk kita simak! (*)

F. Dok. Pribadi

Annisa Pertiwi
Politeknik Negeri Batam
@annisaprtw03

Kalau ditanya soal salad kesukaan, setiap orang pasti punya selera masing-masing soal apa yang dia suka. Tapi saya pribadi menempatkan salad buah sebagai nomor 1 nya. alasannya mungkin karena makanan manis bisa meningkatkan mood dan saat makan kita juga jadi happy karena rasanya.

Saya rasa mencampurkan beberapa jenis buah yang berbeda juga tidak terlalu mengubah rasa. Jadi ketika ingin membuatnya sendiri, rasanya lebih mudah. (*)

F. Dok. Pribadi

Putri Asyura
Politeknik Negeri Batam
@putriasyra

EiTS! Siapa bilang salad selalu berisikan sayuran yang bewarna hijau. Yuk kenalan dengan salah satu salad kesukaanku buat kamu yang gak terlalu suka dengan sayur-sayuran. Bound salad! Yaps, bound salad merupakan salad dengan isian yang komplit dan juga gak kalah menyehatkan juga loh dari varian salad yang lain! dengan isian selada, tomat, daging ayam yang dicincang/kornet, telur ataupun kentang rebus, dan potongan roti panggang dengan dressing mayonnaise berisikan campuran lada dan parsley sesuka selera kalian. (*)