Total Football

Bate Pilih Pindah ke Leeds ketimbang Bertahan di Stamford Bridge

Gelandang belia Chelsea, Lewis Bate. (F. Leeds Live)

batampos.id – Sementara itu, wonderkid Chelsea justru memilih untuk melepaskan karirnya di Stamford Bridge. Minimnya minutes play reguler, membuat Lewis Bate menolak kontrak untuk bertahan.

Pemain berusia 18 tahun ini dikabarkan akan berlabuh di Leeds United. Bate disebut sebagai salah satu gelandang paling bertalenta di kelompok usianya setelah ia lulus dari akademi klub pada musim lalu. Ia juga dikenal dengan passing yang mengesankan dan kemampuannya untuk melewati lini tengah lapangan dengan baik.

Bate juga dikenal dengan kualitas kepemimpinannya di tim yunior setelah memimpin Chelsea u-15 meraih treble winners. Ia melakukan debutnya di U-18 di usia 15 tahun.

Advertisementjudul gambar

Sejumlah klub Liga Primer Inggris diyakini tertarik mendatangkan Bate, di antaranya Liverpool, West Ham United, dan Southampton. Namun sang gelandang tampaknya memilih bergabung ke Leeds untuk mendapat kesempatan tampil di tim utama.

Bate belum pernah bermain untuk tim senior Chelsea. Meski ia menjadi pemain cadangan yang tidak digunakan dalam dua kesempatan.

BACA JUGA: Bek Muda Chelsea Jadi Bidikan Klub Papan Atas Eropa

Pihak Chelsea sebenarnya ingin mempertahankan Bate dan hanya akan menjualnya setelah sang pemain mencapai tahun terakhir di dalam kontraknya.

Kontrak Bate bersama Chelsea akan berakhir pada Juni 2022. Namun ia menolak kesempatan untuk memperbarui masa pengabdiannya dan justru memilih pindah ke klub besutan Marcelo Bielsa.

Chelsea sudah menjual Marc Guehi ke Crystal Palace setelah ia tampil bagus ketika dipinjamkan ke Swansea City selama 18 bulan.

Tino Livramento, Myles Peart-Harris, dan Dynel Simeu juga berpotensi akan meninggalkan Chelsea di tengah eksodus sejumlah pemain dari kelompok muda.

Thierno Ballo tampaknya akan dipinjamkan untuk musim mendatang, dengan Rapid Vienna, Sturm Graz, Mainz, dan Arminia Bielefeld semuanya tertarik.

Sementara itu, Wigan termasuk di antara klub yang tertarik untuk meminjam Henry Lawrence serta Anderlecht dan Genk membidik Ike Ugbo.

Tiemoue Bakayoko ingin pindah ke AC Milan, sedangkan Trevoh Chalobah diminati sejumlah klub Eropa setelah menjalani peminjaman yang sukses di Lorient. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo