Nasional

Kemenag Lelang 22 Formasi Jabatan Eselon II

Sekjen Kemenag Prof Nizar. (Dok JP Group)

batampos.id – Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi untuk sejumlah jabatan pimpinan tinggi  (JPT) pratama atau yang biasa disebut jabatan setingkat eselon II.

Sekjen Kemenag Nizar Ali mengatakan, lelang jabatan di kemenag sudah dibuka sejak 21 Juli. ”Kementerian agama membuka lelang jabatan untuk JPT pratama atau eselon II,” terang Nizar di Jakarta, Kamis (22/7).

Dia menjelaskan, ada 22 jabatan eselon II yang dilelang. Terdiri atas delapan jabatan di kemenag pusat, tujuh kepala kanwil kemenag, dan tujuh kepala biro pada perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKI).

Advertisementjudul gambar

Delapan jabatan kemenag pusat yang dilelang adalah kepala Biro Kepegawaian, lepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri, kepala Biro Humas, Data, dan Informasi. Selain itu, dilelang juga jabatan direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam dan direktur Bina Kantor Urusan Agama dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam.

Di Ditjen Bimas Hindu, ada tiga jabatan yang dilelang. Yakni sekretaris Ditjen, direktur Pendidikan Hindu, dan  Direktur Urusan Agama Hindu.

Untuk tujuh jabatan kepala kanwil kemenag yang dilelang adalah Provinsi Sumatera Barat, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur. Sedang tujuh jabatan kepala Biro PTKN yang dilelang, tersebar di UIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Jember, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, IAKN Toraja, IAKN Manado, IAKN Tarutung, serta Institua Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram.

”Pendaftaran seleksi dibuka secara online hingga 30 Juli, melalui laman resmi pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Kementerian Agama pada alamat https://ropeg.kemenag.go.id/apps/selesijpt/,” jelas Nizar.

”Pelamar wajib mengunggah seluruh hasil scan dokumen persyaratan asli dalam bentuk file pdf maksimal 3 MB per file sesuai dengan urutan,” tambah dia.

Jadwal pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Kemenag yaitu pengumuman dan pendaftaran (online) mulai 21–30 Juli. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi administrasi pada 10 Agustus.

”Asesmen kompetensi dimulai 19 – 21 Agustus dan diumumkan pada 31 Agustus,” terang Nizar.

Kemudian, penulisan makalah dilaksanakan pada 2 September dan wawancara akhir mulai 11–12 September. Untuk penyampaian hasil tes kesehatan pada 14 September. Sedangkan pengumuman hasil akhir seleksi pada 21 September.

”Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Kepada pelamar diimbau selalu memantau informasi melalui laman resmi kemenag.go.id,” ucap Nizar. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim