Metropolis

RSUD Embung Fatimah Naikan Kuota Tempat Tidur Jadi 73 Persen untuk Pasien Covid

Sri Rupiati. (F. Yulitavia/Batam Pos)

batampos.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji meningkatkan kuota pelayanan pasien Covid-19 dari 50 persen menjadi 73 Persen dari total jumlah tempat tidur yang ada. Ini artinya pelayanan pasien umum dikurangin jadi sekitar 27 persen saja.

BACA JUGA: Selamat Jalan Agustar, Pejuang RSUD Embung Fatimah, Terpapar Covid Nakes RSUD Meninggal Dunia

Peningkatan kuota layanan pasien Covid-19 ini sesuai dengan anjuran dari wali kota Batam yang mana sebagai rumah sakit pemerintah tentu kuota pelayanan pasien Covid-19 harus lebih banyak dari kuota layanan rumah sakit lainnya.

Advertisementjudul gambar

“Secara umumkan (nasional) semua rumah sakit harus 50 persen (kuota layanan pasien Covid-19), tapi RSUD kan rumah sakit pemerintah jadi harus lebih, 73 persen kita naikan,” ujar Wadir Pelayanan Medik RSUD Sri Rupiati, Kamis (22/7).

Untuk mencapai kuota tersebut, RSUD akan membuka dua ruangan lagi yakni ruangan anggrek dan mawar. Dua ruangan ini semulanya adalah ruangan rawat inap, sehingga total ruangan rawat inap yang dibuka untuk penangan pasien Covid-19 jadi enam. Sebelumnya RSUD sudah membuka empat ruangan rawat inap yakni, ruangan Tulip, Teratai,Anyelir dan Flamboyan.

“Kita juga punya gedung Tun Sendari Terpadu (gedung yang khusus menangani Pasien Covid-19). Kalau ditambah dua ruangan tadi total tempat tidur untuk pasien Covid-19 mencapai 189 tempat tidur atau sekitar 73 persen dari total tempat tidur yang ada,” ujar Sri. Untuk tenaga medis sebelumnya Direktur RSUD Embung Fatimah Batam Ani Dewiyana menuturkan tidak ada kendala, sebab masih bisa diatasi dengan sistem shift. (*)

Reporter: Eusebius Sara
editor: tunggul