Internasional

Bahas Perubahan Iklim, Presiden AS Sebut Jakarta akan Tenggelam 10 Tahun ke Depan

Kota Jakarta di malam hari. Presiden AS menyebutkan ibu kota negara Indonesia ini akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. ( F Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengemukakan Jakarta, ibu kota Indonesia terancam tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Hal ini ia ungkapkan saat menjadi pembicara mengenai Perubahan Iklim di kantor Pusat Intelijen Nasional (CIA) AS, Selasa (27/7/2021) lalu.

“Saya tak akan pernah lupa saat pertama kali terjun ke tangki saat saya masih menjabat sebagai wakil presiden. Kala itu, Departemen Pertahanan (AS,red) mengatakan ancaman terbesar Amerika Serikat saat ini adalah perubahan iklim,” ungkap Biden seperti dilansir dari situs Pemerintahan resmi AS, The White House.

Dia menyebutkan, jika permukaan air laut naik dua setengah tangki lagi, maka akan ada jutaan manusia bermigrasi, memperebutkan tanah. Tanah yang subur. “Lihat apa yang terjadi di Afrika Utara. Mengapa kita tidak menganggap ini penting? Ya benar, ini memang bukan tanggung jawab Anda. Namun dari kejadian ini kita bisa melihat apa yang akan terjadi kelak,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Biden menyebutkan Afrika Utara memiliki populasi penduduk dengan mayoritas Islam. Ribuan warganya saling membunuh demi mendapatkan sebidang tanah yang subur.

Selain itu, Biden lantas menyinggung terkait rencana pemindahahan ibu kota negara Pemerintahan Indonesia, karena permukaan air yang terus naik. “Tapi apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya tepat, 10 tahun ke depan mungkin ibu kota harus pindah karena (ibu kota lama) akan berada di bawah air,” ungkapnya.

Dia pun menegaskan, dampak perubahan iklim ini sangat nyata. Perlu membuat kebijakan strategis dan rencana jangka panjang untuk memperbaiki dan melestarikan lingkungan secara global.

Sebelumnya, prediksi Jakarta bakal tenggelam pelan-pelan telah diungkapkan sejumlah ahli. Dalam tulisan berjudul Jakarta, the fastest-sinking city in the world, media BBC menuliskan, Jakarta akan tenggelam pada 2050. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung