Home

Kamala Harris Kunjungi Vietnam dan Singapura

Wakil Presiden AS, Kamala Harris. ( F Alex Wong/Getty Images via CNBC)

batampos.id – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris mengadakan kunjungan kenegaraan ke Singapura dan Vietnam bulan depan. Hal ini diungkapkan Gedung Putih dalam pernyataan resminya, Sabtu (31/7/2021) atau Jumat waktu setempat.

Gedung Putih mengatakan, kunjungan kerja kenegaraan ini, Harris bertugas menggalang dukungan internasional guna menangkal pengaruh hegemoni Tiongkok yang semakin melebar serta memperkuat hubungan diplomasi dan ekonomi dengan negara-negara di Indo-Pasifik.

Dilansir dari CNBC, Harris menjadi Wapres AS pertama yang mengunjungi Vietnam setelah sejarah Perang Vietnam di masa lalu. Tak hanya itu, ia juga menjadi pejabat tertinggi dari Pemerintahan Biden yang mengunjungi Indo-Pasifik yang pertama secara keseluruhan.

“Presiden (Joe) Biden dan Wakil Presiden Harris telah menjadikan kunjungan ini sebagai prioritas utama guna membangun kembali kemitraan global AS dengan negara-negara lain. Selain itu guna mendorong dunia internasional atas berbahayanya pengaruh Tiongkok terhadap keamanan negara kami dan secara global. Itulah kami rasa penting membangun kekuatan di Asia Tenggara,” ujar Penasehat Senior dan Juru Bicara Harris, Symone Sanders di Gedung Putih.

Mengenai kapan Harris akan berkunjung ke Singapura dan Vietnam, Symone tidak merinci tanggal dan jadwal perjalanan. Dia hanya menyatakan, kunjungan dilaksanakan Agustus.

Ini akan menjadi perjalanan internasional kedua Harris, setelah sebelumnya mengunjungi Guatemala dan Meksiko pada Juni lalu. Di sana, Dia membahas upaya diplomatik untuk mengatasi akar penyebab migrasi ke AS. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung