Total Football

Tanpa Messi, Barcelona Raih Trofi Joan Gamper

Selebrasi gelandang BarcelonaRiqui Puig (tiga dari kanan) usai mencetak gol ke gawang Juventus dalam laga 56th Joan Gamper Trophy, di Johan Cruyff Stadium, Sant Joan Despi, Minggu (8/8). (F. Pau Barrera/AFP)

batampos.id – Kehilangan pemain seperti Messi, membuat Barcelona harus menata ulang strategi permainan. Meski demikan Barca berhasil melewati ujian pertama tanpa La Pulga saat berlaga melawan Juventus di ajang Trofi Joan Gamper.

Meski diperkuat Ronaldo, Barcelona berhasil menang 3-0, sekaligus mengklaim Trofi Joan Gamper di edisi 2021.

Bermain di Estadi Johan Cruyff, tim tuan rumah arahan Ronald Koeman langsung unggul cepat di menit ketiga melalui rekrutan anyar Memphis Depay. Bintang internasional Belanda itu menuntaskan umpan yang dikirim Yusuf Demir menggunakan kaki kiri dan sukses memperdaya kiper Wojciech Szczesny dari jarak dekat.

Di sisa menit babak pertama, tak ada gol lainnya yang tercipta sebagaimana Juve memilih untuk mengganti separuh kekuatannya memasuki paruh kedua, termasuk menarik keluar Ronaldo, yang posisinya digantikan oleh Dejan Kulusevski.

Barcelona menambah keunggulannya di tiga menit jelang satu jam permainan, dan kali ini yang mencatatkan namanya di papan skor adalah penyerang Martin Braithwaite. Pemain asal Denmark itu menanduk bola kiriman Depay untuk memperdaya kiper Mattia Perin yang masuk menggantikan Szczesny.

BACA JUGA: Ilaix Moriba dan Barcelona Terus Lakukan Negoisasi

Gawang Perin kembali jebol di akhir babak kedua setelah pemain pengganti Riqui Puig melesakkan tendangan kaki kiri berputar badan yang spektakuler dari area luar kotak penalti. Barca pun menang 3-0 dan mengklaim Trofi Joan Gamper di edisi 2021.

Seperti diketahui, pertandingan ini merupakan laga uji coba tahunan yang digelar Barca pada Agustus, sebelum dimulainya musim LaLiga, di mana mereka tim terbaik dari Eropa dipertandingkan melawan mereka.

Kompetisi ini dihelat oleh Barca sebagai bentuk penghormatan untuk Joan Gamper, sang pendiri, eks pemain yang juga pernah menjabat posisi presiden. Ajang ini pertama kali digelar pada 1966 oleh Enric Llaudet, salah satu suksesor Gamper sebagai presiden klub.

Adapun di partai semalam, Barca belum bisa mengandalkan penyerang anyar Sergio Aguero dan bek Clement Lenglet mengingat keduanya masih cedera.

Setelah ini, pasukan Koeman akan menatap musim baru LaLiga dengan menjamu Real Sociedad di Camp Nou pada Senin (16/8) dini hari WIB mendatang. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo