Bintan-Pinang

Kapal Antarpulau Kembali Beroperasi 

Sejumlah penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang saat menunggu keberangkatan, Minggu (15/8) . F.Peri Irawan

batampos.id- Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Tanjungpinang sejumlah kapal feri antar pulau dalam Provinsi Kepri kembali beroperasi. Saat ini jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sudah kembali ditambah oleh operator kapal akibat adanya peningkatan penumpang.

BACA JUGA: Tarif Tambat Kapal di Batam Dinolkan

Asisten Manajer Terminal SBP Tanjungpinang, Raja Junjungan menjelaskan sebelumnya kapal antar pulau yang tersedia hanya tujuan Karimun dan Anambas sedangkan kapal tujuan Dabo Singkep, Lingga, Senayang, Tanjung Batu tidak beroperasi.

“Sekarang seiring penurunan kasus di Kepri beberapa jasa pelayaran kembali dibuka untuk umum,”kata Raja,  Minggu (15/8).

Untuk jadwal kapal yang tersedia saat ini,  Raja menjelaskan rute dari Tanjungpinang ke Batam terdapat empat kali dalam satu hari, tujuan Anambas empat kali dalam satu pekan, tujuan Daik satu kali per dua hari.

Kemudian, tujuan Dabo Singkep dan Karimum satu kali dalam sehari, sementara untuk Tanjung Batu dua kali satu pekan dan tujuan Tembilahan tiga kali dalam sepekan. “Meski jadwal bertambah, kebiajakan penggunaan antigen masih wajib dilengkapi oleh calon penumpang,”sebut Raja.

Sebelumnya,  Petugas Keselamatan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Tanjungpinang, Marta Wilaya menyebutkan sejumlah kapal yang tidak beroperasi selama PPKM level 4 karena jumlah penumpang sangat sepi.

“Kalau dipaksakan berangkat dengan penumpang sedikit operator kapal tidak bisa menutupi biaya operasional,”kata Marta. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul