Nasional

11 Calon Hakim Agung Diajukan untuk Fit And Proper Test di DPR

Juru bicara KY Miko Susanto Ginting. (KY RI)

batampos.id – Komisi Yudisial (KY) menyampaikan telah menyerahkan 11 nama Calon Hakim Agung (CHA) ke DPR RI. Proses penyerahan 11 nama CHA tersebut disampaikan KY setelah menyelenggarakan seleksi wawancara kepada 24 CHA pada 3-7 Agustus 2021.

“Ada 11 nama dari 13 permintaan MA (sudah diserahkan ke DPR RI),” kata Juru Bicara MK, Miko Ginting kepada JawaPos.com (grup Batam Pos), Minggu (15/8).

Miko menyampaikan, pihaknya hanya berhasil memeroleh 11 CHA dari 13 CHA permintaan MA. Dia menuturkan, dua kuota CHA dari kamar tata usaha negara (TUN) Pajak tidak terpenuhi.

“Dua kuota dari Kamar TUN Pajak tidak terpenuhi, karena tidak ada calon yang lolos seleksi,” papar Miko.

Miko tidak menjelaskan secara rinci terkait status pekerjaan masing-masing 11 CHA yang diserahkan ke DPR RI, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Dia memastikan, DPR RI akan menjelaskan secara rinci terkait latar belakang masing-masing CHA.

Oleh karena itu, Miko meminta masyarakat untuk terus memantau seleksi CHA yang kini akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI. “Hasil dari seleksi dari KY sudah diserahkan kepada DPR. Proses selanjutnya berada di DPR untuk memberikan persetujuan terhadap nama-nama yang diserahkan oleh KY,” tegas Miko.

Sebagaimana diketahui, proses seleksi CHA yang digelar KY dilakukan sesuai permintaan MA untuk mengisi posisi 13 hakim agung yang kosong. Posisi yang dibutuhkan, yaitu dua hakim agung untuk Kamar Perdata, delapan hakim agung untuk Kamar Pidana, satu hakim agung untuk Kamar Militer, dan dua hakim agung untuk Kamar Tata Usaha Negara (TUN), khusus pajak. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim