Nasional

DPR Minta Jokowi Buat Aturan yang Jelas Mengatasi Pandemi Covid-19

Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri), Ketua DPR Puan Maharani (tengah) dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti saat acara Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). (dok DPR RI)

batampos.id – Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan kepada pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 perlu disertai aturan yang jelas. Ini dilakukan agar masyarakat bisa memahaminya.

“Pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pengendalian Covid-19 agar disertai dengan aturan yang jelas, berkesinambungan, disosialisasikan dengan baik, serta dilaksanakan secara disiplin,” ujar Puan dalam Pembukaan Masa Persidangan I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/8).

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambakan pemerintah dalam menyampaikan aturan-aturan penanganan Covid-19 tersebut agar terkoordinasi dengan baik.

Menurut politikus perempuan yang balihonya biral itu, koordinasi yang baik antara satu dengan yang lainnya menjadi syarat utama agar perang melawan Covid-19 ini bisa sejalan dan selaras. Sehingga masyarakat tidak menjadi binggung terkait kebijakan pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini.

“Komitmen pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin agar dapat dipraktekan dan diperlihatkan oleh seluruh lembaga pemerintahan sehingga dapat menjadi panutan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Puan juga menyinggung prediksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pandemi Covid-19 ini. Sehingga tantangan berat ini harus dilalui oleh pemerintah.

“Di sisi lain WHO memprediksi pandemi ini belum berakhir hingga tahun depan setidaknya hingga pertengahan tahun 2022. Kondisi ini akan menjadi tantangan bagi pemulihan sosial dan ekonomi kita di tahun mendatang,” pungkasnya.(*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim