Metropolis

Ketua LAZ Batam : Tidak Hanya Pasien Positif, yang Negatif pun Gunakan Tabung Oksigen

batampos.id – Masyarakat Batam ramai menggunakan program tabung oksigen yang digagas LAZ Batam. Dari 12 tabung yang dimiliki LAZ Batam, saat ini ada 8 tabung yang dipinjam masyarakat. Namun, ada fenomena yang tak biasa, dalam peminjaman tabung oksigen ini.

Warga yang meminjam tabung oksigen ke LAZ Batam.
F Ketua LAZ Batam, Syarifudin untuk Batam Pos.

“Jadi biasanya yang meminja ini, orang yang hasil swab PCRnya positif. Tapi, kami menemukan ada yang meminjam ini sudah pernah dirawat di rumah sakit dan dinyatakan negati. Tapi masih membutuhkan tabung oksigen,” kata Ketua LAZ BATAM, Syarifuddin, Minggu (15/8).

Syarif mengatakan permintaan ini tidak ditolak LAZ Batam. Karena, pemohon beralasan peminjaman tabung oksigen bagi pasien negatif Covid-19 ini, untuk memulihkan kondisi tubuh. “Yah kami tetap meminjamkan, karena ini demi pemulihan. Tapi saya gak tau kenapa ada fenomena ini, sudah negatif tapi tetap masih meminjam tabung,” ungkapnya.

Peminjaman tabung ini, kata Syarif tidak melihat agama pemohon apa. Siapapun yang positif atau sedang dalam masa pemulihan dan membutuhkan tabung oksigen, LAZ Batam akan meminjamkannya.
“Kami tidak pilih-pilih, apabila memang membutuhkan silahkan pakai,” ungkapnya.

Mekansime peminjaman ini bisa dilakukan dengan cara menghubungi petugas Satgas LAZ Batam melalui nomor WhatsApp 085100283175. Setelah itu, pemohon menyertakan hasil positif tes PCRnya.
“Nanti lokasinya akan kami share melalui WA. Masyarakat datang langsung saja, untuk mengambil tabung. Karena SDM (Sumber Daya Manusia) kami terbatas, jadi tidak bisa mengantarkan ke lokasi pemohon,” ujarnya.

LAZ Batam, kata Syarif akan meminjamkan tabung oksigen beserta isinya, regulator dan selangnya. Sehingga, masyarakat bisa langsung menggunakan tabung itu, begitu sampai di rumah. “Namun kami harap, masyarakat setelah selesai menggunakannya segera kembalikan. Karena banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Saat ini LAZ Batam memiliki 12 tabung gas yang terdiri dari 10 tabung kapasitas 40 liter dan 2 tabung kapasitas 7 liter. “Kami membuka open donasi juga, bagi siapapun yang ingin membantu suadara-saudara kita yang membutuhkan tabung oksigen,” ucapnya.

Syarif berharap program ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat yang sedang sakit, bisa segera sembuh dan pulih kembali.

 

Reporter : FISKA JUANDA