Covid-19

Bantuan Konsentrator Oksigen Terus Berdatangan

ILUSTRASI. WHO mendatangkan 700 konsentrator oksigen dan peralatan pendukungnya untuk Indonesia, sebagai tambahan persediaan alat pendukung layanan kesehatan. (Alfian Rizal/JawaPos)

batampos.id – Salah satu tantangan yang mendesak adalah menjaga pasokan oksigen yang cukup untuk merawat pasien dengan penyakit Covid-19. Maka pasokan oksigen saat ini terus dikirimkan untuk Indonesia, baik itu oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan juga kerja sama pihak swasta, bahu membahu dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendatangkan 700 konsentrator oksigen dan peralatan pendukungnya untuk Indonesia, sebagai tambahan persediaan alat pendukung layanan kesehatan. Kementerian Kesehatan akan segera mengalokasikan oksigen konsentrator tersebut untuk fasilitas kesehatan yang tersebar di Indonesia.

“Kita tidak bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus melakukannya bersama-sama. Kita tidak dapat secara eksklusif menyelamatkan grup, organisasi, atau negara tertentu saja. Kita harus bekerja secara inklusif dengan semua kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan Kemenkes baru-baru ini.

“Kami menyambut baik dan menghargai dukungan kepada Indonesia dalam upaya kami melawan pandemi Covid-19,” katanya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang melaporkan peningkatan signifikan dalam kasus baru dan kematian dalam sebulan terakhir. Pemerintah terus mempelajari pengalaman negara lain untuk strategi menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dengan meningkatkan upaya pengujian, penelusuran, dan pengobatan serta memberlakukan pembatasan paling ketat yang pernah dilakukan Indonesia selama pandemi untuk mengekang penularan Covid-19.

Pengadaan 100 unit Oxygen Concentrator juga dilakukan oleh ‘Indomilk Bantu Oksigen’ dan IndofoodCBP. Oxygen Concentrator mampu menyaring oksigen dari udara di ruangan dan meningkatkan konsentrasinya menjadi 90 hingga 95 persen oksigen murni. Seluruh unit akan disalurkan melalui Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk segera didistribusikan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan yang membutuhkan di Indonesia.

Kami ikut memiliki tanggung jawab untuk bekerja sama dengan Kemenkes RI dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satu bantuan yang saat ini sangat penting adalah pemenuhan kebutuhan oksigen di mana suplai dalam negeri belum mencukupi kebutuhan harian,” kata Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Axton Salim. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim