Nasional

Jokowi Gunakan Pakaian Adat Lampung Saat Jadi Inspektur Upacara HUT RI

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

batampos.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara HUT ke-76 Republik Indonesia, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi Jawa Barat.

Sementara upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus korona. Masyarakat dapat mengikuti jalannya upacara tersebut secara virtual.

Sedangkan, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Selasa, 17 Agustus 2021, telah ditentukan. Tim Indonesia Tangguh, demikian nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara tersebut.

Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Kemudian bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

Paskibraka 2021 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 12 Agustus 2021, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim