Bintan-Pinang

Sekolah di Tanjungpinang Segera Buka Belajar Tatap Muka

Siswa di SMPN 4 Tanjungpinang saat mengikuti vaksinasi, belum lama ini. F. Peri Irawan

batampos.id- Pemko Tanjungpinang akan segera membuka kembali sekolah tatap muka untuk sekolah tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang selama beberapa waktu ini menjalankan belajar secara daring atau online.

BACA JUGA: Vaksinasi Guru di Tanjungpinang Ditarget Selesai Sebelum Sekolah Tatap Muka Dimulai

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Saparilis menjelaskan berdasarkan hasil rapat yang dilaksanakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran (SE) untuk semua sekolah yang berbeda di bawah naungan Pemko Tanjungpinang.

“Dalam SE yang diedarkan pada Selasa (17/8) kemarin menyarankan agar sekolah membuka balajar tatap muka secara terbatas,” kata Saparilis,  Rabu (18/8). Dijelaskan Saparilis, belajar tatap muka harus mengacu pada surat yang dikeluarkan kementerian. Kebijakan untuk sekolah tatap muka tidak hanya berdasarkan keputusan Disdik namun ada aturan dari satuan tugas (Satgas) covid-19.

“Karena kondisi covid kita mulai melandai dan PPKM level 3, kita berharap bisa terus turun ke level 1,” ujarnya. Untuk mekanismenya, kata Saparilis sudah diatur dalam SE yang sudah dikirim ke pihak sekolah,  salah satunya kapasitas kelas hanya 50 persen.

Misal jumlah siswa 35 orang maka isi kelas hanya 17 orang dengan jarak yang sudah ditentukan. “Teknisnya diatur sekolah masing-masing, apakah masuknya bergantian. Tapi kita beri batasan waktu untuk satu jam mata pelajaran,” ucapnya.

Saparalis menegaskan saat ini SE sudah diberikan kepada pihak sekolah,  untuk jadwal kapan akan dibuka dikembalikan kepada yang bersangkutan. “Jika hari ini sekolah selesai buat jadwal, mungkin besok sudah bisa anak-anak sekolah tatap muka,” ungkapnya. Meski demikian, jika nantinya ditemukan siswa  atau guru yang terpapar covid-19, maka sekolah tersebut harus ditutup kembali. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul